Liga Champions

10 pemain Benfica imbangi PSV demi lolos ke fase grup Liga Champions

10 pemain Benfica imbangi PSV demi lolos ke fase grup Liga Champions

llustrasi pertandingan leg kedua playoff Liga Champions antara klub Belanda PSV Eindhoven dan wakil Portugal Benfica yang berlangsung Rabu (25/8/2021) dini hari WIB. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Benfica mampu menahan imbang tuan rumah PSV Eindhoven dengan skor 0-0 dalam leg kedua playoff Liga Champions, kendati mereka harus menuntaskan laga dengan 10 pemain di Stadion Philips, Eindhoven, Belanda, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Hasil tersebut berarti klub Portugal tersebut mempertahankan keunggulan agregat 2-1 dan lolos ke fase grup Liga Champions musim ini, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tuan rumah sebetulnya memperoleh keuntungan besar ketika Lucas Verissimo diusir dari lapangan oleh wasit Slavko Vincic pada menit ke-32 setelah menerima kartu kuning kedua karena menyikut Cody Gakpo dalam duel perebutan bola udara di tengah lapangan.

Namun kiper Benfica, Odisseas Vlachodimos kemudian memperlihatkan penampilan yang layak diganjar penghargaan pemain terbaik lewat tak kurang dari delapan penyelamatan yang dibukukannya sepanjang laga.

Baca juga: PSV berharap tuah kandang untuk balikkan agregat kontra Benfica

Situasi 11 lawan 10 berusaha segera dimanfaatkan oleh PSV tiga menit jelang turun minum, sayang tembakan Noni Madueke dari sisi kanan kotak penalti masih bisa diamankan kiper Odisseas Vlachodimos.

PSV bermain kian agresif pada babak kedua, namun Dewi Fortuna tampaknya berpaling dari tim besutan Roger Schmidt tersebut lantaran sontekan jarak dekat Eran Zahavi menyelesaikan umpan Gakpo masih membentur mistar gawang.

Bola muntah berusaha dimanfaatkan oleh Andre Ramalho yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi Vlachodimos kali ini sigap mengamankan gawang Benfica.

Gelombang serangan demi serangan terus dilancarkan PSV, tapi Ibarhim Sangare dan Ramalho secara beruntun mendapati tembakan mereka dimentahkan oleh Vlachodimos.

Sebaliknya, kendati hanya dengan 10 pemain Benfica berusaha menebarkan ancaman pada menit ke-78 lewat tembakan jarak jauh Everton Soares, yang masih mengarah tepat ke pelukan kiper Joel Drommel.

Baca juga: Playoff Liga Champions: Shakhtar dan Salzburg menangi leg pertama

Lima menit jelang bubaran waktu normal, Vlachodimos melakukan penyelamatan atas dua tembakan beruntun Yorbe Vertessen demi menjaga keunggulan agregat Benfica.

Upaya PSV tak kunjung membuahkan hasil hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Sementara Benfica kembali ke fase grup Liga Champions setelah semusim absen, PSV harus rela lagi-lagi hanya main di fase grup Liga Europa untuk tiga musim beruntun.

Undian grup Liga Champions dijadwalkan berlangsung pada Kamis (26/8) di Istanbul, Turki.

Baca juga: Sheriff Tiraspol di ambang catatan bersejarah Liga Champions
Baca juga: Monaco akan tampakkan wajah aslinya, kata Niko Kovac

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar