Jakarta (ANTARA) - Porsche mengatakan mobil sport listrik terbarunya Taycan dan Taycan Cross Turismo hadir pada September dengan perubahan ekstensif, jangkauan daya baterai lebih jauh, dan proses parkir yang bisa dikontrol dari smartphone.

Peningkatan signifikan lebih lanjut termasuk integrasi mendalam Android Auto dalam sistem Porsche Communication Management (PCM), serta ketersediaan Remote Park Assist untuk pertama kalinya di Taycan, kata Porsche dalam pernyataan resminya melalui eurokars, dikutip Rabu.

Dengan sistem bantuan opsional baru ini, proses parkir mobil dapat dikontrol melalui smartphone, tanpa pengemudi harus berada di belakang kemudi.

Dengan opsi Paint to Sample dan Paint to Sample Plus yang baru, pilihan warna yang tidak biasa dan personal kini dapat diwujudkan. Misalnya, Taycan sekarang dapat dicat dengan Rubystar klasik tahun 90-an atau Acid Green yang cerah.

"Pengembangan teknis berkelanjutan dari kendaraan kami adalah bagian dari DNA Porsche. Generasi terbaru Taycan mengesankan dengan konektivitas smartphone tanpa batas, yang kini mencakup Android Auto,” kata Kevin Giek, Vice President Model Line Taycan di Porsche.

Baca juga: Porsche 911 GTS baru lebih powerful

Baca juga: Varta akan pasok sel baterai berkinerja tinggi ke Porsche


Dalam lini Taycan, Porsche juga bakal menambahkan model Cross Turismo pada musim semi ini, dengan respons pelanggan baik terbukti dari banyaknya pesanan yang masuk.

Perkembangan teknologi yang luas telah dilaksanakan untuk mencapai peningkatan ini. Dalam mode Normal dan Range, motor listrik depan hampir sepenuhnya dipisahkan dan dihilangkan energinya dalam rentang beban parsial pada model penggerak semua roda.

Selain itu, tidak ada penggerak yang ditransmisikan ke kedua gandar saat mobil meluncur atau berhenti. Fungsi freewheel listrik ini mengurangi kerugian drag. Motor dihidupkan kembali dalam milidetik hanya ketika pengemudi meminta lebih banyak daya atau mengubah mode mengemudi.

Manajemen termal dan fungsi pengisian daya juga telah lebih ditingkatkan.

Dengan opsi baru Remote Park Assist, adalah mungkin untuk mengontrol manuver parkir dari jarak jauh melalui smartphone saat mobil masuk dan keluar dari tempat parkir tanpa pengemudi harus berada di belakang kemudi.

Kontrol otomatis dimungkinkan untuk ruang parkir dan garasi paralel dan tegak lurus. Sistem secara otomatis mendeteksi ruang parkir dan mengukurnya menggunakan sensor ultrasonik dan sistem kamera kendaraan.

Jika ada cukup ruang, pengemudi dapat memulai proses parkir melalui aplikasi Porsche Connect dan kemudian turun dari kendaraan. Pengemudi dapat terus memantau proses parkir dengan menekan dan menahan tombol pada antarmuka aplikasi smartphone.

Fungsi Remote Park Assist secara independen mengambil alih kemudi dan mengontrol gerakan maju dan mundur kendaraan. Jika tombol dilepas, Taycan segera menghentikan manuver parkir.

PCM generasi keenam telah dipasang pada Taycan sejak diperkenalkan. Mobil sport serba listrik ini selalu menjadi pelopor konektivitas, dimulai dengan integrasi mulus Apple Music dan Apple Podcasts.

Android Auto kini juga terintegrasi di PCM, bersama dengan dukungan Apple CarPlay untuk iPhone. Artinya, smartphone dengan sistem operasi Google Android kini juga didukung. Oleh karena itu, fungsi telepon dan aplikasi ponsel cerdas tertentu yang tidak memengaruhi keselamatan berkendara kini dapat dioperasikan melalui PCM 6.0 atau perintah suara Asisten Google.

Sistem navigasi satelit menghitung lebih cepat, terutama menggunakan pencarian online untuk point of interest (POI) dan juga menampilkan informasinya dengan lebih jelas.

Tata letak dan sistem operasi juga telah sedikit diubah: sekarang ada lima opsi menu, bukan tiga di sisi kiri tampilan tengah dan ikon dapat diatur satu per satu.

Taycan telah sangat sukses selama beberapa bulan terakhir. Dengan sekitar 20.000 kendaraan dikirim pada paruh pertama tahun 2021 saja, jumlah tahun ini hanya sedikit di bawah tahun 2020 secara keseluruhan. Oleh karena itu, penjualan anggota terbaru dari jajaran model ini setara dengan penjualan ikon mobil sport, 911.

Baca juga: Grup Volkswagen prediksi kekurangan chip hingga berbulan-bulan

Baca juga: Empat pabrikan "recall" hampir 49 ribu kendaraan terkait suku cadang

Baca juga: Porsche minta semua pemasok komponen beralih ke energi terbarukan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021