pemerintah sampai dengan Agustus ingin mengejar target percepatan vaksinasi di seluruh wilayah
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan kembali menggelar vaksinasi bagi pengemudi transportasi online, pengemudi truk, dan masyarakat umum sekaligus pemberian bantuan sosial di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu.

“Jadi pemerintah sampai dengan Agustus ingin mengejar target percepatan vaksinasi di seluruh wilayah. Untuk di Sulawesi Selatan baru mencapai 27 persen, mudah-mudahan sampai akhir bulan Agustus bisa mencapai 40 persen," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam keterangan di Jakarta, Rabu

Hingga saat ini, lanjutnya, yang menjadi masalah utama adalah ketersediaan vaksin, oleh karena itu, pelaksanaan vaksinasi juga bekerjasama dengan TNI AL, Kodam, dan Polda.

Budi mengatakan, melalui kegiatan vaksinasi massal ini, ditargetkan sebanyak 339 orang akan divaksinasi. Selain itu juga dibagikan sebanyak 300 paket bantuan sembako khusus bagi pengemudi ojek online yang terdampak pandemi Covid-19.

Ia menyampaikan, pemerintah mengupayakan pencegahan penularan Covid-19 ini dengan menyusun sebuah regulasi bertransportasi dalam masa pandemi yang menyebabkan adanya pembatasan terhadap kapasitas jumlah penumpang yang ada.

Pengemudi dan seluruh awak kendaraan merupakan bagian dari garda terdepan dalam melayani pergerakan masyarakat sehingga beberapa pengemudi khususnya ojek online secara tidak langsung terdampak operasionalnya selama masa pandemi ini.

Dirjen Budi juga menyampaikan dengan adanya kegiatan pemberian vaksin ini adalah bukti pencapaian bersama dalam rangka memberikan pelayanan bagi masyarakat yang maksimal di tengah pandemi Covid-19 khususnya bagi mitra transportasi online dan pengemudi truk.

“Harapannya percepatan masyarakat yang divaksin sehingga herd immunity segera tercapai. Masyarakat juga menyadari bahwa vaksin adalah kebutuhan agar kita dapat hidup normal kembali," ujarnya.  

Secara umum, tambahnya, pemerintah baik pusat maupun daerah beserta seluruh pemangku kepentingan terkait, selalu berupaya untuk bersinergi semaksimal mungkin sehingga diharapkan dapat terus menumbuhkan kepercayaan kepada masyarakat untuk tetap menggunakan transportasi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.


Baca juga: Menhub: Seluruh kementerian bersinergi dukung vaksinasi massal

Baca juga: Vaksinasi sektor transportasi mencapai 205 Ribu orang

Baca juga: Kemenhub gelar vaksinasi massal di sejumlah pelabuhan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021