Untuk hari ini penguatan IHSG lebih karena sentimen dari eksternal yaitu penguatan Wall Street dan naiknya beberapa harga komoditas, plus dari dalam negeri beberapa laporan keuangan emiten
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu sore ditutup menguat, seiring aksi beli oleh investor asing.

IHSG ditutup menguat 23,74 poin atau 0,39 persen ke posisi 6.113,24. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 2,2 poin atau 0,26 persen ke posisi 858,17.

"Untuk hari ini penguatan IHSG lebih karena sentimen dari eksternal yaitu penguatan Wall Street dan naiknya beberapa harga komoditas, plus dari dalam negeri beberapa laporan keuangan emiten," kata Analis Indo Premier Sekuritas Mino saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Sementara itu Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya menyatakan dari dalam negeri, pelaku pasar mencermati kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait pelonggaran aktivitas pada moda transportasi dan juga pusat perbelanjaan. Hal itu menjadi harapan terkait naiknya mobilitas ekonomi di Jakarta menjelang akhir kuartal III 2021.

Selain itu penguatan pada saham-saham konstruksi pada sepanjang hari ini seiring dengan komitmen pemerintah guna mendorong pembangunan infrastruktur. Suntikan Penyertaan Modal Negara atau PMN dari pemerintah terhadap sektor konstruksi, menjadi harapan terkait naiknya produktivitas dan juga raihan kontrak baru pada semester II.

Baca juga: Rupiah ditutup melemah, pasar menanti petunjuk soal tapering Fed

Baca juga: Wall Street naik moderat, Nasdaq Composite catat rekor baru


Dibuka menguat, IHSG terus berada di zona hijau penutupan sesi pertama perdagangan. Pada sesi kedua IHSG masih betah bergerak di teritori positif hingga penutupan bursa saham.

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, lima sektor terkoreksi dengan sektor transportasi & logistik turun paling dalam yaitu minus 0,18 persen, diikuti sektor barang konsumen nonprimer dan sektor barang baku masing-masing minus 0,17 persen dan minus 0,09 persen.

Sedangkan tujuh sektor meningkat dengan sektor kesehatan naik paling tinggi yaitu 1,4 persen, diikuti sektor perindustrian dan sektor teknologi masing-masing 1,13 persen dan 0,91 persen.

Penutupan IHSG sendiri diiringi aksi beli saham oleh investor asing yang ditunjukkan dengan jumlah beli bersih asing atau net foreign buy sebesar Rp789,34 miliar.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.532.253 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24,64 miliar lembar saham senilai Rp11,4 triliun. Sebanyak 249 saham naik, 240 saham menurun, dan 162 tidak bergerak nilainya.

Sementara itu bursa saham regional Asia sore ini antara lain Indeks Nikkei melemah 7,3 poin atau 0,03 persen ke 27.724,8, Indeks Hang Seng turun 33,97 poin atau 0,13 persen ke 25.693,95, dan Indeks Straits Times meningkat 0,13 poin ke 3.107,49.

Baca juga: Saham Hong Kong tergelincir, setelah dua hari naik ke tertinggi

Baca juga: Saham China berakhir menguat, seiring bank sentral naikkan pendanaan

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021