Jakarta (ANTARA) - Mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray tersingkir dari turnamen ATP Winston-Salem Open setelah ditundukkan petenis Amerika Serikat Frances Tiafoe 6-7 (7/4), 3-6 pada pertandingan babak kedua di Wake Forest Tennis Center, Carolina Utara, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Murray yang berusia 34 tahun itu telah berjuang melawan cedera dalam beberapa waktu terakhir, termasuk cedera pangkal paha yang telah membatasi penampilannya pada musim ini dan membuatnya harus berjuang keras demi mendapatkan satu dari empat wildcard untuk bisa berlaga di Winston-Salem. 

Sementara itu, Tiafoe berhak melaju ke putaran ketiga turnamen lapangan keras tersebut dan akan menghadapi Thiago Monteiro atau Eduardo Nava.

"Hal positifnya adalah saya bergerak dengan baik dan melakukan servis dengan baik, tetapi level saya naik turun, tidak konsisten," ujar Murray dikutip dari AFP, Rabu.

"Ada saat-saat dalam pertandingan itu, di mana saya bermain dengan baik dan kemudian saya membuat kesalahan atau gagal mengembalikan bola. Saya berharap tidak melakukan itu. 

"Sekarang saya berada di level 50 atau 60 dunia. Ini membuat saya frustrasi karena jika saya tidak bergerak dengan baik dan tidak merasa baik secara fisik, maka saya tidak akan terlalu keras pada diri saya sendiri. Tetapi ketika saya memenangkan prosentase poin servis kedua yang rendah, itu tidak ada hubungannya dengan kondisi fisik saya," terang Murray. 

Baca juga: Andy Murray amankan tiket undian US Open setelah Wawrinka mundur 

Murray melaju melewati pertandingan pembukanya dengan kemenangan dua set langsung melawan Noah Rubin, yang merupakan pengganti Nick Kyrgios

Petenis Australia itu mundur karena cedera, beberapa saat sebelum pertandingan dimulai, sehingga memaksa penyelenggara untuk mencari pemain pengganti sebagai lawan Murray pada Minggu malam. 

Rubin kehabisan tenaga melawan Murray setelah istirahat satu jam, di antara dua jam final kualifikasi dan pertandingan babak utamanya.

Sayangnya, Murray tidak memiliki keberuntungan saat melawan Tiafoe, yang mengalahkan petenis Skotlandia itu dengan pukulan servis yang kuat.

Tiafoe melepaskan tiga ace dan memenangi 76 persen poin servis pertamanya, serta 65 persen poin servis keduanya dalam pertandingan yang berjalan selama 1 jam 49 menit itu.

Keduanya hanya bertemu sekali sebelumnya, dengan Murray memenangi laga tiga set yang menegangkan tahun lalu di Cincinnati.

Baca juga: Kalah di ganda putra, Murray tidak yakin berlaga di Olimpiade Paris 

Sekarang Murray fokus ke US Open, di mana ia memenangi gelar pertama dari tiga gelar Grand Slamnya pada 2012. 

Sedangkan Tiafoe yang berusia 23 tahun itu tampil produktif dalam sejumlah turnamen lapangan keras di Amerika Serikat. Dia mencapai babak ketiga di Toronto Masters, kemudian diikuti dengan kemenangannya atas Ugo Humbert di Cincinnati. 

Di sisi lain, unggulan keempat asal Hungaria Marton Fucsovics mengalahkan petenis Jepang Yosuke Watanuki 7-5, 6-1, dan Emil Ruusuvuori dari Finlandia mengalahkan unggulan kelima Alexander Bublik 6-2, 7-6 (7/5). 

Baca juga: Kyrgios mundur dari turnamen pemanasan US Open akibat cedera lutut 
 

Pewarta: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021