Tokyo (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga pada Rabu mengadakan pembicaraan dengan seorang eksekutif partai penguasa terkait pemilihan kepemimpinan partai yang akan menentukan siapa pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) dalam pemilihan selanjutnya November mendatang.

Pemungutan suara partai penguasa LDP akan diselenggarakan pada 29 September 2021.

PM Suga pada Rabu mengadakan pembicaraan dengan petinggi partai tersebut sebagai kontes yang akan berdampak pemilihan umum dan pemimpin Jepang selanjutnya, kata pejabat yang terlibat kepada media setempat.

Sekretaris Jenderal LDP Toshihiro Nikai mengaku pada minggu ini dia mendukung Suga sebagai ketua partai, posisi yang mengamankan posisinya sebagai perdana menteri dan pemimpin partai dalam pemilihan umum yang akan datang.

Surat kabar terbesar Jepang harian Yomiuri mengatakan pada Rabu, selain sebagai faksi Nikai, kepemimpinan empat kelompok utama lainnya di LDP juga menghendaki Suga mendapatkan jabatan puncak itu meskipun anggota parlemen yang lebih muda dan rentan menentang perdana menteri yang tidak populer itu.

Suga menjabat pada akhir September lalu setelah Shinzo Abe berhenti dengan alasan kesehatan dan masa jabatannya berakhir pada akhir bulan depan. Peringkat PM turun di bawah 30 persen setelah Jepang memerangi gelombang terburuk infeksi COVID-19 dan beberapa anggota partai ingin menggantinya sebelum pemilu.

Nikai tidak memberikan keterangan kepada wartawan setelah pembicaraan yang berlangsung selama 30 menit itu. Suga mengatakan keduanya membahas virus corona dan tidak menjawab pertanyaan terkait politik.

Suga sudah berulang kali mengatakan bahwa ia akan mencalonkan diri dalam kontes kepemimpinan untuk masa jabatan berikutnya kendati mantan Perdana Menteri Fumio Kishida juga kemungkinan akan menantangnya dalam pemilihan partai.

Anggota parlemen dari LDP dan anggota partai akar rumput diharapkan memenuhi syarat untuk memberikan suara dalam pemilihan.

Terdapat spekulasi bahwa Suga mengincar pemilihan umum, memenangkan kursi mayoritas kemudian menggunakan kemenangannya untuk membantunya kembali merebut masa jabatan sebagai pemimpin partai.

Namun, menurut Kantor Berita Kyodo mengutip sumber anonim pada Selasa malam, Suga tidak berencana untuk membubarkan majelis parlemen sebagai langkah kunci untuk mengadakan pemilihan cepat, sebelum pemilihan pimpinan partai.

Pengaturan ini tampaknya telah dikonfirmasi selama pembicaraan pada Rabu, di mana Suga dan Nikai sepakat bahwa perlombaan kepemimpinan partai akan terus berlanjut, kata Kyodo.

Nikai memainkan peran utama dalam memastikan kemenangan Suga dalam perlombaan kepemimpinan LDP sebelumnya tahun lalu.

Suga dijadwalkan untuk mengadakan konferensi pers pada pukul 21.00 terkait perluasan status darurat delapan perfektur tambahan, termasuk pulau di wilayah utara, Hokkaido seiring dengan infeksi yang tidak menunjukan tanda-tanda mereda.

Sumber: Reuters
Baca juga: Jepang akan perluas keadaan darurat saat varian Delta menyebar
Baca juga: Insiden pidato Hiroshima, PM Jepang Suga minta maaf
Baca juga: PM Suga sebut Jepang akan lindungi sistem kesehatan untuk lawan COVID


Penerjemah: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021