Survei Indikator: Publik paling puas dengan kinerja Menhan Prabowo

Survei Indikator: Publik paling puas dengan kinerja Menhan Prabowo

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung sodetan akses jalan menuju rencana ibu kota negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (24/8). (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan masyarakat paling puas terhadap kinerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dibandingkan pembantu presiden lainnya dalam Kabinet Indonesia Maju.

"Total ada 70 persen responden yang sangat puas dan cukup puas dengan kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Lebih rinci, sebanyak delapan persen masyarakat menyatakan sangat puas dengan kinerja Prabowo, 62 persen cukup puas, 13 persen kurang puas, tidak puas sama sekali sebanyak dua persen, dan hanya 15 persen responden yang tidak menjawab.

Setelah Prabowo Subianto, posisi kedua ditempati oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan perolehan indikator sangat puas delapan persen, cukup puas 61 persen, kurang puas 10 persen, tidak puas sama sekali satu persen dan tidak menjawab 19 persen.

Baca juga: Kinerja Prabowo memuaskan, Dahnil sebut Prabowo tak besar kepala

Adapun posisi berikutnya ditempati Menteri Sosial Tri Rismaharini 63 persen gabungan sangat puas dan cukup puas, Menteri Ekonomi Sri Mulyani Indrawati 62 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 56 persen.

Burhanuddin berpendapat positifnya capaian Prabowo di mata publik tersebut tidak lepas dari kepopulerannya di tanah air.

"Tapi apa pun itu, masyarakat tidak mempersoalkan apakah Pak Prabowo dan Sandi yang kebetulan menjadi penantang Pak Jokowi di 2019 sekarang sudah bergabung di pemerintahan," ujar dia.

Sementara itu, politisi Partai Gerindra Habiburokhman menilai tingginya apresiasi publik atas kinerja Prabowo di kabinet tidak lepas dari peran Ketua Umum Gerindra tersebut dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Kita menanggap itu relevan dengan yang namanya kinerja di bidang masing-masing. Pak Prabowo di bidang Kementerian Pertahanan," ujarnya.

Baca juga: Kemhan memuaskan, pengamat: Peran Prabowo-Trenggono saling melengkapi

Sejak awal pandemi, kata dia, Prabowo Subianto aktif mendatangkan vaksin, obat-obatan hingga mendirikan rumah sakit di berbagai daerah.

Hasil survei tersebut bukan pertama kalinya menempatkan Prabowo sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Dalam penelitian Charta Politika pada Juli 2020, misalnya, Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus ke-15 era Presiden Soeharto tersebut berada di puncak dengan kinerja sangat baik.

Tidak hanya itu, berdasarkan survei Indo Barometer yang dirilis November 2021 kinerja Prabowo juga berada paling memuaskan dibanding menteri lainnya yakni 29,3 persen.

Prabowo kembali dinobatkan sebagai menteri dengan kinerja terbaik dan paling memuaskan dalam riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dipublikasikan pada Februari 2021 dengan penggabungan angka sangat puas dan cukup puas mencapai 75 persen.

Baca juga: Survei Prabowo kinerja baik, PDIP: Jokowi berhasil tempatkan orang

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ketum Pencak Silat apresiasi kinerja tim Silat Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar