Misi tercapai
La Paz (ANTARA) - Kongres Bolivia pada Rabu (25/8) menyetujui undang-undang yang didukung pemerintah yang memungkinkan warga untuk menarik hingga 15% dari dana pensiun pribadi mereka untuk membantu mereka mengatasi dampak pandemi COVID-19 dan penguncian terkait.

Langkah itu, yang meniru undang-undang yang didukung oposisi yang disahkan di Peru dan Chili, adalah janji kampanye utama Presiden sosialis Bolivia Luis Arce.

Diperkirakan 1,4 juta orang dari 11,51 juta penduduk Bolivia kehilangan pekerjaan selama pandemi. Bolivia telah menderita tiga gelombang infeksi COVID-19 dan 26% dari populasinya telah diinokulasi dengan setidaknya satu dosis vaksin.


Baca juga: Mantan presiden Bolivia Anez lakukan percobaan bunuh diri

Menteri Ekonomi Bolivia Marcelo Montenegro menyebut rencana itu sebagai "tindakan luar biasa dan hanya sekali," ketika para senator memilih untuk menyetujui undang-undang tersebut, yang sebelumnya disahkan oleh majelis rendah.

Rencana tersebut menetapkan batas penarikan 15.000 bolivianos (Rp31,7 juta)) per orang. Menurut Kementerian Ekonomi, 3,9 miliar boliviano (Rp8,1 triliun) dapat ditarik tanpa mempengaruhi dana atau pembayaran pensiun.

RUU serupa untuk menarik dana pensiun yang diperkenalkan tahun lalu oleh anggota parlemen oposisi di Chili dan Peru ditentang keras oleh pemerintah mereka, yang mengatakan undang-undang itu berbahaya bagi tabungan dan ekonomi.


Baca juga: Vaksin "hilang", penduduk asli Bolivia batal disuntik

Didirikan selama kediktatoran Augusto Pinochet, sistem pensiun AFP Chili dipandang sebagai landasan model pasar bebas negara itu.

Beberapa penarikan sejak di kedua negara telah memberikan dorongan ekonomi karena warga menggunakan tabungan mereka untuk melunasi hutang dan membeli barang-barang konsumsi. Namun, jutaan kini dibiarkan tanpa dana pensiun kecuali pemerintah memberikan alternatif bantuan jaminan sosial di masa depan.

Di Bolivia, dana pensiun dikelola oleh Previsin BBVA, milik Banco Bilbao Vizcaya Argentaria de Espaa, dan Futuro de Bolivia, milik Zurich Financial Services.

"Misi tercapai," kata Gonzalo Melgar, seorang akuntan pengangguran yang menjadi sosok percontohan bagi kampanye untuk mendapatkan persetujuan penarikan setelah berjalan selama 65 hari dari Bolivia timur ke ibu kota La Paz untuk menuntut pengembalian kontribusi pensiunnya.

Sumber: Reuters


Baca juga: Penari Afghanistan khawatir keselamatan usai Taliban rebut kekuasaan


Baca juga: Eks Menteri Pendidikan Malaysia tawarkan konsep ke pemerintahan baru

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021