Samsung jadi pemasok modem 5G Google Pixel

Samsung jadi pemasok modem 5G Google Pixel

Google umumkan ponsel 5G pertama, Pixel 4a dan Pixel 5 (store.google.com)

Jakarta (ANTARA) - Google akan menjadikan Samsung Electronics Co Ltd. sebagai pemasok modem 5G untuk smartphone Pixel berikutnya, melansir Reuters, Kamis.

Sebelumnya, Samsung dilaporkan akan memproduksi prosesor untuk Google. Kemudian, sumber mengatakan bahwa Samsung juga akan memasok teknologi modem 5G.

Awal bulan ini, Google mengungkapkan bahwa mereka telah merancang chip prosesornya sendiri untuk memberi daya pada smartphone kelas atas mereka yakni Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang baru. Langkah itu menandai berakhirnya ketergantungan perusahaan tersebut pada Qualcomm.

Google mengatakan, smartphone baru mereka akan mendukung jaringan gelombang milimeter seperti versi sebelumnya.

Sementara itu, Samsung juga mengatakan, teknologi modem terbarunya menyanggupi jaringan gelombang milimeter.

Samsung adalah salah satu dari tiga perusahaan di dunia yang mampu membuat modem 5G yang menghubungkan perangkat ke jaringan data nirkabel. Perusahaan lainnya adalah Qualcomm, pemimpin pasar dengan margin yang lebih lebar dan MediaTek dari Taiwan.

Dengan memenangkan bisnis Pixel milik Google, Samsung memiliki peluang besar untuk menunjukkan keterampilan pembuatan chipnya ke industri telepon yang lebih luas. Pasalnya, perusahaan asal Korea tersebut belum pernah menjual teknologi chip modem 5G ke perusahaan luar negeri.

Selama ini, Samsung banyak menggunakan teknologi modem Exynos di smartphone andalannya sendiri di Asia dan Eropa. Mereka juga telah lama mengandalkan Qualcomm dalam menyediakan modem untuk versi AS.

Baca juga: Google hentikan Pixel 5 dan Pixel 4a 5G di Amerika Serikat

Baca juga: Google Pixel 6 dan 6 Pro akan dibuat di China dampak COVID-19

Baca juga: Google rancang sendiri chipset untuk Pixel

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kata Google soal aman berinternet untuk keluarga (bagian 3 dari 3)

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar