Mandiri Sekuritas berkomitmen untuk untuk mendukung pemulihan perekonomian nasional secara berkelanjutan, kali ini melalui penawaran SR015.
Jakarta (ANTARA) - PT Mandiri Sekuritas menawarkan instrumen investasi Sukuk Negara Ritel seri SR015 kepada masyarakat untuk berinvestasi sekaligus mendukung pembangunan negeri serta upaya pemulihan ekonomi domestik.

Sukuk ritel SR015 yang dikelola secara syariah ditawarkan khusus kepada investor individu warga negara Indonesia (WNI) dengan tenor tiga tahun dan tingkat imbal hasil atau kupon tetap sebesar 5,1 persen per tahun.

"Mandiri Sekuritas berkomitmen untuk untuk mendukung pemulihan perekonomian nasional secara berkelanjutan, kali ini melalui penawaran SR015. Dengan memiliki SR015, nasabah dapat memperoleh manfaat investasi untuk mendukung kemapanan keuangan masa depan sekaligus berkontribusi langsung terhadap pemulihan ekonomi nasional," kata Direktur Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pemerintah jual sukuk ritel SR015 dengan kupon 5,10 persen

SR015 dengan minimal pembelian Rp1 juta ditawarkan mulai 20 Agustus 2021 sampai 15 September 2021 dan jatuh tempo pada 10 September 2024. Produk yang cukup terjangkau terutama ditujukan bagi investor Milenial dan Gen-Z yang ingin mulai berinvestasi atau memperkuat investasi keuangan mereka.

Per 30 Juni 2021, komposisi investor milenial dan Gen-Z Mandiri Sekuritas mencapai 70 persen, sementara partisipasi nasabah milenial yang berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) mencapai 80 persen.

Theodora menyampaikan, seluruh dana yang terkumpul dari penjualan SR015 akan digunakan untuk membiayai anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Berinvestasi di SR015 berarti mendukung pemerintah dalam pembiayaan APBN, memperkuat dan memperluas basis investor di pasar domestik, pasar keuangan syariah, serta pasar modal Indonesia, dan mendorong transformasi masyarakat dari saving oriented menjadi investment oriented," ujar Theodora.

Baca juga: Bank Mandiri kenalkan layanan EDC Android

Ia mengatakan, SR015 merupakan alternatif diversifikasi investasi yang aman, mudah, dan menguntungkan serta likuid. Aman karena dijamin oleh negara dan halal. Mudah karena investasi dapat dilakukan secara daring melalui platform Mandiri Online Securities Trading (MOST), dan menguntungkan karena imbal hasil yang tetap.

Sebagai instrumen investasi berbasis syariah, SR015 menggunakan akad ijarah - asset to be leased. Dalam akad tersebut, dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara (BMN) untuk disewakan kepada pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada pemerintah. Imbal hasilnya didapat dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021