Karena anggarannya terbatas, kita buat multiyears, yang terpenting kita berupaya membuat program yang pro rakyat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menganggarkan dana sebesar Rp21,6 triliun dalam pagu anggaran Kemenhub tahun 2022 untuk membangun infrastruktur konektivitas di tanah air.

"Kami melanjutkan pengembangan infrastruktur konektivitas yang produktif dan mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah, serta memprioritaskan kegiatan infrastruktur yang berdampak langsung pada masyarakat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis.

Budi Karya menjelaskan program pembangunan infrastruktur konektivitas yang merupakan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022, antara lain pembangunan enam bandara baru, tiga pelabuhan baru, tiga terminal baru penumpang tipe A, dan empat terminal barang internasional.

Lanjut dia, Kemenhub juga memiliki target untuk mencapai Key Performance Indicator (KPI) pada tahun 2022, di antaranya optimalisasi Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Kuala Tanjung, Bandara Kertajati, penyelesaian Kereta Api Makassar Pare-Pare, pembangunan Pelabuhan New Ambon dan New Palembang.

Menhub mengatakan infrastruktur konektivitas merupakan kegiatan strategis yang sangat penting dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

"Menyelesaikan KPI itu yang penting, kami membangun konektivitas untuk menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain agar mendukung kegiatan ekonomi dan akses menuju pelayanan dasar," ujarnya.

Ia menambahkan pada masa pandemi Covid-19, Kemenhub tetap melaksanakan program pro kerakyatan dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui skema padat karya dan pemberdayaan masyarakat.

"Karena anggarannya terbatas, kita buat multiyears, yang terpenting kita berupaya membuat program yang pro rakyat," pungkasnya.

Baca juga: Ditjen Perhubungan Darat fokus penguatan infrastruktur pada 2021
Baca juga: Kemenhub pastikan pembangunan infrastruktur tetap berjalan
Baca juga: Anggaran dipangkas, sejumlah proyek Kemenhub ditunda

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021