Masyarakat memiliki kesempatan sama dalam mengenyam pendidikan, terutama yang memiliki keunggulan akademik
Semarang (ANTARA) - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memberikan beasiswa bagi mahasiswa baru dari keluarga nelayan yang lolos pada seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2021 ini.

Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama dalam siaran pers di Semarang, Kamis, mengatakan perguruan tinggi ini mengalokasikan beasiswa bagi 20 persen mahasiswa kurang mampu namun memiliki prestasi akademik.

"Masyarakat memiliki kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan, terutama yang memiliki keunggulan akademik," katanya.

Baca juga: IKA Undip Jakarta selenggarakan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat

Pemberian beasiswa ini sendiri sejalan dengan pola ilmiah pokok dalam pengembangan wilayah pesisir.

Adapun beasiswa yang diberikan dalam bentuk subsidi atau pembebasan sumbangan pengembangan institusi dan uang kuliah tunggal selama 8 semester.

Dari 18 pendaftar, enam mahasiswa dinyatakan lolos dan berhak atas beasiswa tersebut.

Baca juga: Undip tetap selenggarakan KKN meski ada PPKM Darurat

Sementara syarat bagi penerima beasiswa antara lain lulusan SMA dengan nilai rata-rata lebih dari 8, berasal dari keluarga nelayan atau masyarakat pesisir yang kurang mampu, berkelakuan baik, bebas narkoba, serta sanggup menyelesaikan pendidikan dalam 8 semester.

Syarat lainnya, calon penerima beasiswa harus mengantongi surat rekomendasi dari pemerintah daerah atau Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip.

Baca juga: Via jalur SBMPTN, Undip terima 3.257 calon mahasiswa baru

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021