Saya merasa seperti di rumah ketika saya kembali ke tim ini dan telah disambut dengan tangan terbuka
Jakarta (ANTARA) - Juara dunia dua kali Fernando Alonso akan tetap membela tim Alpine F1 untuk musim keduanya pada 2022, demikian pengumuman tim asal Prancis tersebut pada Kamis.

Sang pebalap berusia 40 asal Spanyol, yang membocorkan "pengumuman besar" lewat pesan berkode di Twitter pada Rabu, akan tetap menjadi tandem pebalap Prancis Esteban Ocon yang telah mendapat perpanjangan kontrak tiga tahun bersama tim milik Renault itu awal musim ini.

"Saya sangat senang mengonfirmasi perpanjangan kontrak dengan tim Alpine F1 untuk 2022," kata Alonso, yang memenangi kedua gelar juara dunianya bersama tim bermarkas di Enstone itu saat masih menyandang nama Renault pada 2005 dan 2006.

Baca juga: Alonso syukuri kritikan saat kembali ke F1 sebagai berkah

"Saya merasa seperti di rumah ketika saya kembali ke tim ini dan telah disambut dengan tangan terbuka," kata Alonso dalam pernyataan resmi seperti dikutip Reuters jelang Grand Prix Belgia.

Alonso, yang telah memenangi 32 Grand Prix, kembali membalap di F1 pada tahun ini setelah dua musim 'pensiun' untuk berkompetisi di kategori lain seperti WEC dan Reli Dakar.

Dia memainkan peran penting dalam kemenangan perdana Ocon di balapan terakhir di Hungaria setelah menahan gempuran pebalap Mercedes Lewis Hamilton. Alonso finis peringkat empat di balapan tersebut yang menjadi hasil terbaiknya musim ini.

Sang pebalap Spanyol saat ini menghuni peringkat ke-11 klasemen sementara dengan 38 poin.

"Fernando telah mengesankan kami semua sejak ia kembali ke olahraga ini pada awal tahun ini," kata CEO Alpine Laurent Rossi.

Baca juga: Jalan masih panjang, kata bos Mercedes menatap paruh kedua musim

"Penampilan dia di Hungaria adalah contoh lain dari ketrampilan balapnya dan mengingatkan semua orang bagaimana mahirnya dia sebagai seorang pebalap."

Perpanjangan kontrak Alonso itu telah diprediksi sebelumnya.

Alpine yang menghuni peringkat lima klasemen konstruktor kini menatap musim depan ketika perombakan regulasi besar-besaran diterapkan di F1 demi membuat balapan lebih ketat dan membatasi anggaran bagi tim setiap musimnya yang bisa lebih meratakan level persaingan.

ALonso berharap memimpin perjuangan timnya.

"Ini musim yang sulit bagi setiap orang, tapi kami telah menunjukkan progres sebagai tim dan hasil di Hungaria menjadi contoh yang baik dari kemajuan ini," kata Alonso.

"Saya menjadi pendukung utama dari perlunya meratakan level persaingan dan perubahan di olahraga ini dan musim 2022 akan menjadi kesempatan yang besar untuk itu."

Baca juga: F1 umumkan penghargaan baru untuk "overtaking"

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021