Jayapura (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat berharap pelaksanaan Chef de Mission (CdM) Meeting III PON XX Papua dapat dimanfaatkan oleh perwakilan kontingen untuk memantapkan persiapan penyelenggaraan event olahraga empat tahunan tersebut.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya juga mengharapkan kontingen dari seluruh provinsi dapat melihat kesiapan penyelenggaraan PON XX Papua.
 
"Teman-teman di daerah jangan khawatir dengan pelaksanaan PON di Papua khususnya terkait pandemi, disiplin penerapan protokol kesehatan diprioritaskan," katanya.

Baca juga: Gubernur Lukas minta PON XX jadi tolok ukur prestasi olahraga nasional
Baca juga: Kemenhub kirim 428 unit bus dukung PON XX dan PEPARNAS XVI di Papua
 
Menurut Marciano, hal tersebut bisa terlihat dari upaya pemerintah daerah setempat yang menargetkan vaksinasi bagi 70 persen warga di sekitar arena sebelum penyelenggaraan PON XX Papua.
 
"Gubernur Papua Lukas Enembe sudah bekerja keras memperjuangkan agar event olahraga ini sukses dilaksanakan," katanya menambahkan.
 
Mantan Kepala BIN itu menjelaskan pembangunan arena hingga permasalahan teknis lainnya diharapkan dapat diselesaikan dengan baik di mana hal ini menjadi kerja keras semua pihak.
 
"Saya juga mengajak semua pihak untuk menjadikan PON Papua sebagai ajang pemersatu bangsa," katanya menegaskan.
 
Marciano juga berharap perwakilan setiap kontingen setelah mengikuti CdM Meeting III dapat kembali ke daerahnya masing-masing dan meyakinkan bahwa PON XX siap dilaksanakan di Papua.

Baca juga: Panpel: PON bentuk karakter atlet berkelas dunia
Baca juga: Mimika rekrut 3.600 relawan PON XX
Baca juga: PB PON XX Pemprov Papua luncurkan aplikasi Papua Tourism

 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021