Blibli kuatkan bisnis UMKM ramah muslim dengan penyelia halal

Blibli kuatkan bisnis UMKM ramah muslim dengan penyelia halal

Peresmian simbolis dalam acara “Kick- Off Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal” yang dihelat oleh Kementerian Koperasi dan UKM serta Komiten Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) untuk mendukung industri halal yang diikuti oleh Blibli. (ANTARA/HO/Blibli)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan belanja daring besutan anak bangsa Blibli menguatkan ekosistemnya mendukung bisnis industri halal dengan ikut terlibat “Pilot Project Sentra UMKM Industri Halal” bersama 13 unit organisasi yang terdiri dari instansi pemerintah dan juga swasta dengan menyediakan penyelia halal untuk memastikan produknya aman bagi umat muslim di Indonesia.

Keputusan itu semakin dikukuhkan lewat penandatanganan simbolis dalam acara “Kick- Off Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal” yang dihelat oleh Kementerian Koperasi dan UKM serta Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

“Sebagai e-commerce lokal pertama yang memiliki penyelia halal sebagai syarat utama dalam pengimplementasian Sistem Jaminan Halal (SJH) HAS 2300 oleh suatu perusahaan, Blibli sangat bangga dipercaya dan menjadi mitra strategis pemerintah dalam pelaksanaan pilot project untuk mengakselerasi pengembangan UMKM Industri Halal dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui ekosistem e-commerce kami,” ujar CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto dalam keterangannya, Kamis.

Baca juga: blu gandeng Blibli untuk integrasikan ekosistem digital

Ia menyebutkan dengan hadirnya penyelia halal menegaskan bahwa ekosistem bisnis di Blibli telah memenuhi standardisasi SJH termasuk pada gudang penyimpanannya yang terdiri dari 20 warehouse dan 32 hub yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia.

Tentunya SJH itu pun sejalan dengan pertumbuhan gaya hidup halal yang meningkat di kategori penjualan yang dimiliki Blibli terutama sejak peluncuran Blibli Hasanah yang memuat kurasi produk Muslim-friendly dan halal pada kuartal II 2020.

“Hal ini adalah wujud komitmen Blibli dalam memandu potensi industri halal, khususnya bagi pelaku UMKM, melalui kategori dan kurasi khusus dalam memasarkan produk Muslim-friendly serta halal, antara lain produk halal di Blibli Hasanah, Fashion Muslim, serta investasi emas,” ujar Kusumo.

Lewat Blibli Hasanah beberapa produk yang disediakan terdiri dari kelompok produk fesyen muslim, makanan dan minuman halal, kesehatan dan kecantikan halal, serta perhiasan emas dan logam mulia.

Sejak saat itu produk-produk untuk mendukung gaya hidup halal telah mengalami kenaikan order rata-rata sebesar 2 kali lipat per kuartalnya dan tercatat hingga kuartal I 2021.

Baca juga: Ramaikan Gelar Buah Nusantara, Blibli beri promo pembelian buah lokal

Baca juga: Blibli serahkan tabung oksigen & produk belanja untuk tenaga kesehatan


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres ingin perguruan tinggi berperan majukan ekonomi syariah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar