400 polisi disiagakan kawal pelaksanaan sepakbola Liga 1 di Pakansari

400 polisi disiagakan kawal pelaksanaan sepakbola Liga 1 di Pakansari

Kapolres Bogor, AKBP Harun di Mapolres, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Polres Bogor menyiagakan lebih dari 400 personel untuk mengawal berlangsungnya kompetisi sepak bola Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (28/8).

"Mulai ring satu sampai ring empat sudah diatur pengamanannya, kurang lebih 403 personel dari ring satu sampai empat," ujar Kapolres Bogor AKBP Harun di Cibinong, Bogor, Kamis.

Menurut dia, petugas yang disiagakan juga difungsikan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes) di area stadion mulai dari persiapan hingga berlangsungnya pertandingan antara Persipura Jayapura melawan Persita.

Baca juga: Bupati Bogor terbitkan aturan pelaksanaan Liga 1 di Stadion Pakansari

Harun mengaku sudah berkoordinasi dengan panitia pelaksana Liga 1 agar taat dalam menjalankan ketentuan yang ditetapkan oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor.

"Tidak ada penonton, prokes diketatkan, pemain. official. harus ada hasil PCR dan ada batasan, media juga yang meliput harus daftar. Semua harus dibatasi ini langkah awal untuk ke depannya. Ini jadi tolak ukur pertandingan ke depannya nanti, kita berupaya maksimal," papar Harun.

Bupati Bogor Ade Yasin telah menerbitkan aturan mengenai pelaksanaan kompetisi Liga 1 di Stadion Pakansari, pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

"Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh supporter juga tidak diperbolehkan," ungkapnya.

Baca juga: Kapolri akhirnya mengizinkan Liga 1 dengan prokes ketat

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor itu menyebutkan bahwa aturan lainnya yaitu seluruh pemain, official, kru media, serta staf pendukung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan.

"Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetensi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif PCR H-1 dan hasil negatif Antigen pada hari pertandingan," kata Ade Yasin.

Menurutnya, pelaksanaan kompetisi Liga 1 wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Ketentuan mengenai pelaksanaan Liga 1 di Stadion Pakansari itu ia atur melalui Keputusan Bupati Bogor Nomor 443/408/Kpts/Per-UU/2021 mengenai penerapan PPKM level 3 pada 24-30 Agustus 2021.

Baca juga: LIB apresiasi penerbitan izin keramaian oleh Polri untuk Liga 1 dan 2

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Airlangga Hartarto izinkan Liga 2 digelar di luar Jawa-Bali

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar