Demi menjaga kelestarian Danau Tondano, maka TNI AD berusaha untuk merehabilitasinya
Manado (ANTARA) - Kodam XIII/Merdeka menggelar rapat dalam rangka perencanaan pemeliharaan dan rehabilitasi Danau Tondano, dipimpin langsung Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wirana P. Budi, di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis.

Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav M Jaelani dalam keterangannya mengatakan Danau Tondano merupakan objek vital, sekaligus sumber mata pencaharian bagi sebagian masyarakat Minahasa serta objek wisata unggulan dari Minahasa.

Karena itu, TNI AD akan terus berusaha untuk menjaga kelestarian Danau Tondano dari besarnya penyebaran enceng gondok yang akan merusak ekosistem yang ada di Danau Tondano, sehingga masyarakat yang ada di sekitaran danau dapat menikmati manfaat dari danau tersebut.

"Demi menjaga kelestarian Danau Tondano, maka TNI AD berusaha untuk merehabilitasi objek vital tersebut agar masyarakat dapat terus merasakan manfaat dari Danau Tondano," katanya.

Kapendam mengatakan kekuatan yang dikerahkan oleh Kodam XIII/Merdeka dalam kegiatan tersebut, yaitu sebanyak 500 prajurit.

Ratusan prajurit itu akan disebar di lima titik lokasi kerja yang sudah ditentukan. yaitu Desa Tonsaru, Toulour, Toliang, Eris, dan Desa Rem
boken.

"Terdapat lima desa yang menjadi lokasi kerja rehabilitasi Danau Tondano," katanya pula.

Rapat tersebut dihadiri oleh para asisten dan Kabalak Makodam XIII/Merdeka serta Dandim 1302/Minahasa selaku komando jajaran kodam di wilayah Minahasa.
Baca juga: Bupati minta KemenPUPR bantu penanganan Danau Tondano
Baca juga: Pemerintah Minahasa libatkan warga dalam pembersihan Danau Tondano

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021