Ada tiga blok ya, satu peran ISEI, proses pemulihan ekonomi, dan ketiga era digitalisasi.
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) akan mengadakan kongres ke-21 dan seminar nasional bertema Peran ISEI dalam Penguatan Sinergi untuk Mengakselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional di Era Digital yang akan dibuka pada 31 Agustus 2021.

“Ada tiga blok ya, satu peran ISEI, proses pemulihan ekonomi, dan ketiga era digitalisasi,” kata Ketua Bidang I Pengurus Pusat ISEI Anggito Abimanyu dalam konferensi pers secara daring, Jumat.

Anggito menyampaikan bahwa ISEI telah berkiprah selama 66 tahun mengawal perekonomian nasional melalui anggota ISEI yang berada di bidang akademik, bisnis, maupun pemerintahan.

Baca juga: Presiden: Pemerintah butuh dukungan pemikiran dan gagasan ekonom

Kongres ISEI yang akan dilaksanakan di Anging Mamiri, Makassar, Sulawesi Selatan, tersebut, lanjutnya, memiliki tiga agenda, yaitu kongres yang juga akan menyampaikan perumusan dan rekomendasi kebijakan, 20 call for paper terpilih dan seminar nasional, serta webinar internasional.

“Kami juga akan menyampaikan agregasi dari hasil kajian ISEI cabang. Ini self research di setiap cabang, seperti menjawab pertanyaan apakah PPKM kali ini lebih baik secara stabilitas makro ekonomi, pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan UMKM dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Anggito menyampaikan bahwa secara umum, kondisi ekonomi sekarang lebih resilience atau memilliki daya tahan menghadapi kondisi pandemi dibandingkan masa PSBB. Kajian tersebut beberapa metodologi dan korelasi antara mobilitas dan pemulihan ekonomi di semua daerah melalui hasil survei.

“Nanti akan kami sampaikan kepada pemerintah melalui pemerintah, bahwa inilah potret kajian ekonomi daerah yang mungkin belum banyak dilakukan oleh pemerintah dan Bank Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Sri Mulyani: Ekonomi RI triwulan II 2021 lampaui level sebelum pandemi

ISEI berharap hasil kajian maupun kongres dan seminar tersebut menjadi bagian penting dari usaha pemulihan ekonomi. ISEI menyadari bahwa pemulihan ekonomi bukan hanya semata-mata tugas pemerintah dan Bank Indonesia saja, melainkan juga tugas dari organisasi profesi seperti ISEI.

“Kami bersyukur dengan aktivitas teman-teman di daerah di seluruh Indonesia yang membangun sinergi dan mengembangkan ISEI. Kami selalu mengedepankan bahwa negara ini membutuhkan perubahan sikap dan transformasi dari seluruh insan,” tutur Anggito.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021