Kapolri pastikan persiapan pelaksanaan PON XX Papua sudah maksimal

Kapolri pastikan persiapan pelaksanaan PON XX Papua sudah maksimal

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menpora Zainudin Amali meninjau Stadion Lukas Enembe, memastikan kesiapan PON XX Papua, Jumat (27/8/2021). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri/aa.

Papua makin maju dan modern, masyarakat sehat dan sejahtera.
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan kesiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sudah maksimal.

"Alhamdulillah, dalam tinjaun kali ini, kami memastikan bahwa persiapan pelaksanaan PON Ke-20 Papua sudah maksimal," kata Kapolri dikutip dari keterangan pers Divisi Humas Polri.

Sigit bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada hari Jumat meninjau langsung kesiapan Stadion Lukas Enembe dan arena akuatik menjelang pelaksanaan PON XX Papua pada bulan Oktober 2021.

Meski telah memastikan kesiapannya, Kapolri tetap mengimbau penyelenggara penyelenggara untuk tetap memperhatikan hal yang masih kurang. Adapun tujuannya agar pada saat pekan olahraga 4 tahunan tersebut dapat berjalan maksimal dan memuaskan masyarakat Indonesia.

"Tetap untuk memperhatikan segala kebutuhan yang masih harus dilengkapi. Sejauh ini sudah bagus, pertahankan," ujarnya.

Baca juga: Pimpin rapat kesiapan PON, Kapolri ingatkan pengendalian COVID-19

Sebelumnya, dalam rapat Forum koordinasi pimpinanan daerah (Forkopimda) Jayapura, Kamis (26/8), jenderal bintang empat ini menekankan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan PON XX dan penanganan serta pengendalian COVID-19 di wilayah paling timur Indonesia tersebut.

Menurut Sigit, penyelenggaraan PON XX Papua akan mendorong pertumbuhan perekonomian di Bumi Cenderawasih itu.

Dengan begitu, masyarakat setempat dapat menerima manfaat dari kegiatan bertaraf nasional tersebut.

"Pelaksanaan PON XX akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua pada Kuartal II 2021 ekonomi Papua dengan pertambangan dan penggalian sebesar 13,14 persen, sedangkan tanpa pertambangan dan penggalian sebesar 2,81 persen," kata Sigit.

Kapolri menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia di tengah pandemi COVID-19 mulai tumbuh sebesar 7,07 persen.

Begitu pula, peningkatan produksi komoditas emas dan tembaga cukup signifikan menyebabkan pertumbuhan ekonomi Papua dengan pertambangan dan penggalian tumbuh positif sejak Kuartal IV 2020.

Untuk itu, mantan Kabareskrim Polri ini mengimbau Forkopimda Jayapura untuk memperhatikan penanganan dan pengendalian COVID-19 agar menekan angka kasus dan aktivitas masyarakat dapat bergerak dengan normal baru.

Baca juga: Panglima TNI ingatkan masyarakat Papua harus patuhi prokes dukung PON

Sigit juga menekankan bahwa penerapan protokol kesehatan pada saat penyelenggaraan PON XX Papua sebagai perlindungan dasar dari paparan COVID-19, termasuk vaksinasi.

"Protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 serta vaksinasi bagi semua pihak terkait harus dilaksanakan," kata Kapolri.

Penerapan protokol kesehatan yang disiplin maka pelaksanaan PON XX akan berjalan lancar dan kesehatan masyarakat dari virus corona (SARS-CoV-2) dapat terjamin.

"PON XX Papua sukses dan lancar, investasi aman, pertumbuhan ekonomi meningkat, Papua makin maju dan modern, masyarakat sehat dan sejahtera," tutur Sigit.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sukses, Ketua Harian PB PON XX berterima kasih kepada Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar