Jakarta (ANTARA) - L’Oréal Research Department bekerjasama dengan Universitas Ioannina menemukan penyebab hasil pewarnaan rambut yang tidak sesuai ekspektasi, yaitu tingginya kandungan metal di dalam rambut.

Leïla Hercouet, Senior Research Associate Disruptive Innovation Department, L’Oréal dalam keterangannya pada Jumat memaparkan kolaborasi riset tersebut "berhasil mengidentifikasi bahwa tingginya kandungan metal dalam serat rambut menyebabkan kerusakan dan hasil pewarnaan balayage, dan/atau lightening yang tidak sesuai ekspektasi."

Kandungan kandungan metal pada rambut sangat bergantung pada tingkat porositas rambut dan juga kualitas air di mana masyarakat tinggal.

Air terbersih pun, baik di dalam kamar mandi di rumah masyarakat atau di salon, masih dapat mengandung metal tinggi.

Baca juga: Tips merawat rambut yang diwarnai

Hal ini karena aliran air mengikis logam pada pipa, sehingga partikel metal menumpuk di dalam serat rambut. Pada saat proses pewarnaan rambut, tinggi rendahnya kandungan metal sangat berpengaruh dalam mengoptimalkan hasil pewarnaan, balayage atau lightening.

Semakin tinggi kandungan metal di serat rambut, maka semakin tinggi pula peluang rambut patah dan hasil warna yang tidak sesuai ekspektasi.

Lebih lanjut, kolaborasi riset ini juga berhasil menganalisa dan memetakan kandungan metal dalam rambut di dunia Secara spesifik di Indonesia, ditemukan bahwa sebanyak 67 persen masyarakat Indonesia memiliki kandungan metal tinggi dalam serat rambut.

Kolaborasi riset juga berhasil mengidentifikasi molekul yang tepat untuk menetralisir surplus kandungan metal tinggi yang mengakibatkan rambut patah, yaitu Glicoamine, zat aktif yang cukup kecil sehingga bisa masuk ke dalam serat rambut untuk mengikat sekaligus menetralkan logam di dalam serat rambut.

"Temuan ini menjadi salah satu bukti nyata dari komitmen L’Oréal Professionnel kepada hairdresser untuk menemukan isu pokok yang menjadi tantangan para hairdresser dan sekaligus menghadirkan pilihan tepat dan inovatif," kata Indra Tanudarma, Head of Education, L’Oréal Professionnel.

Dalam waktu dekat, L’Oréal Professionnel akan meluncurkan rangkaian produk dengan formula terobosan yang tepat dan inovatif dalam menetralisir kandungan metal di serat rambut pada saat pewarnaan rambut, sehingga hasil pewarnaan pun akan sesuai ekspektasi.

Baca juga: "Smoky Hair", tren dan teknik terbaru pewarnaan rambut

Baca juga: Mewarnai sekaligus menutrisi rambut dengan Hairwonder

Baca juga: Tips memilih warna rambut sesuai jenis kulit

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021