mampu meningkatkan literasi keuangan digital masyarat
Jakarta (ANTARA) - Dompet digital DANA meluncurkan versi terbaru dari aplikasi mereka, yakni DANA v.2.0 untuk memperkaya pengalaman pengguna (UX) dalam bertransaksi digital sekaligus solusi transaksi #BebasDrama bagi semua kalangan masyarakat.

"Fondasi yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan masyarakat adalah kemudahan dan kenyamanan penggunaan, keandalan teknologi, dan jaminan keamanan. DANA v.2.0 yang kami kembangkan merupakan bentuk keseriusan kami dalam menjawab tantangan tersebut," kata CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara dalam webinar Tech Talk bertajuk ‘Gold Recipe in Building Experiences to Tens of Million Users’, Jumat.

"Inovasi teknologi, termasuk UI dan UX, akan kami lakukan secara konsisten dan menjadi fokus dalam pengembangan dompet digital DANA," tambahnya.

Tampilan teranyar DANA v.2.0 dapat langsung terasa saat pengguna membuka halaman home di aplikasi dompet digital tersebut. Tampilannya tampak lebih bersih dengan sajian informasi yang lebih baik.

Pada halaman tersebut, aktivitas pengguna dapat terlihat. Lalu ada menu "Hanya Untukmu" untuk mengecek kode referral hingga voucher, dan informasi "DANA Protection" agar pengguna merasa aman saat bertransaksi secara digital.

Kemudian, DANA juga menyederhanakan langkah-langkah dalam fitur "Kirim Uang". Kini, pengguna dapat memanfaatkan kolom pencarian untuk melakukan transfer. DANA juga menampilkan daftar tujuan transaksi terakhir sehingga memudahkan pengguna untuk mempercepat proses transfer.

Selain itu, fitur "DANA Statement" juga diperbarui yang dapat ditambahkan sebagai widget di iOS sehingga pengguna dapat melihat seluruh catatan pengeluaran di DANA tanpa masuk ke aplikasi.

Lalu, DANA juga menghadirkan fitur "Daily Limit" yang memungkinkan pengguna dapat mengatur batas pembelanjaan harian. DANA juga menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk kartu pengguna di dalam aplikasi DANA.

Terakhir, ada fitur "Smart Pay" yang dapat merekomendasikan metode pembayaran terbaik saat bertransaksi. Pengguna juga tak perlu khawatir jika saldo DANA tak cukup karena fitur tersebut dapat membuat pengguna melakukan satu transaksi dengan menggabungkan metode pembayaran, misalnya saldo DANA dan rekening bank.

Borrys Hasian selaku Design Innovation Consultant and Design Sprint Expert mengakatan, pembaruan tampilan UI dan UX oleh DANA diharapkan dapat mewujudkan ekonomi digital yang semakin inklusif dan kontributif.

"Pembaruan ini juga harus membuat pengguna merasakan pengalaman personal yang bernilai, bermakna, dan menarik dalam setiap perjalanan dalam bertransaksi digital, serta mampu meningkatkan literasi keuangan digital masyarat dan memudahkan hampir segala aspek kehidupan pengguna,” tambahnya.

Peluncuran DANA v.2.0 di bulan Agustus yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional menjadi momentum bagi DANA untuk mengokohkan tekad dan upaya nyatanya dalam mendukung transformasi menuju masyarakat digital.

Baca juga: LandX umumkan pencapaian tertinggi penyaluran dana ECF kuartal I 2021

Baca juga: DANA dukung pengembangan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba

Baca juga: Konsultasi ke dokter kini bisa lewat aplikasi DANA

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021