Lima makanan sehat khas Vietnam tingkatkan imunitas

Lima makanan sehat khas Vietnam tingkatkan imunitas

Ilustrasi Pho (Pexel)

Jakarta (ANTARA) - Selain Indonesia, beberapa negara di kawasan Asia Tenggara juga memiliki makanan khas yang lezat, salah satunya Vietnam.

Kuliner Vietnam banyak terinspirasi dari Prancis yang kemudian dikembangkan oleh warga lokal sehingga menjadi makanan baru perpaduan antara timur dan barat. Hasilnya, makanan Vietnam kini dikenal dengan kulinernya yang sehat, lezat, dan menyegarkan.

Di Indonesia, makanan khas Vietnam juga banyak digemari. Pho 24, restoran yang telah membawa makanan khas Vietnam ke Indonesia sejak tahun 2005, membagikan beberapa rekomendasi yang wajib kamu coba. Makanan-makanan ini bisa menjadi alternatif asupan makanan sehat di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Coba resep pempek untuk buang rasa sumpek di rumah

1. Pho
Pho adalah makanan terpopuler nomor satu baik di selatan maupun utara Vietnam. Makanan ini terbuat dari mie beras yang disajikan dengan sup daging hangat serta ragam sayuran sehingga memiliki nutrisi yang seimbang. Tak hanya populer di negara asalnya, Pho juga menjadi salah satu makanan Vietnam yang paling digemari di Indonesia.

Sebelum pandemi, 2.000 mangkuk Pho terjual di outlet restoran Pho 24 setiap harinya. Tak hanya lezat, makanan ini pun dibuat dengan bahan-bahan yang menyehatkan. Sebagai contoh, salah satu bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pho di restoran Pho 24 adalah star anise yang digunakan untuk menyembuhkan influenza.

Baca juga: Komorebi, brand makanan Jepang siap saji rintisan Tarra Budiman
Ilustrasi Bun (ANTARA/HO)
2. Bun
Bun merupakan bihun yang dicampur dengan aneka sayuran dan kuah dengan rasa asam yang menyegarkan. Makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang seimbang. Karbohidrat didapat dari bihun, protein dari pilihan topping berupa panggangan ayam, sapi atau seafood. Sementara kandungan vitamin didapat dari aneka sayur.

Di Indonesia, kamu bisa menjumpai Bun di restoran Pho 24. Bun di Pho 24 terdiri dari beberapa varian dengan isi yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah Bun Cha Gio Cao Tam, Bun Bo, Bun Ga, hingga Bun Chao Tam.
Ilustrasi Papaya Salad (ANTARA/HO)

3. Papaya Salad
Jika Indonesia menyukai rujak, maka orang Vietnam menyukai papaya salad. Papaya salad khas Vietnam biasanya terdiri dari irisan buah pepaya dan wortel mentah yang diolah dengan berbagai rempah, seperti daun kemangi, ketumbar, saus asam manis dan masih banyak lagi. Dengan beberapa kombinasi tersebut, papaya salad memiliki rasa yang segar, asam, manis dan pedas.

Baca juga: Berdiam di rumah rasa staycation dengan bento dan hantaran dari hotel

Di Pho 24, papaya salad memiliki beberapa pilihan protein seperti daging ayam atau sapi bakar. Makanan ini sangat cocok dinikmati untuk kamu yang sedang menjalankan diet.
Ilustrasi Grilled chicken (Pexel)

4. Grilled Spicy Chicken
Ayam panggang pedas dengan rasa yang tercipta dari campuran beberapa bumbu. Di Pho 24, daging ayam yang digunakan adalah daging white meat, yaitu daging ayam bagian dada lepas kulit yang sudah tidak ada kandungan lemak.

Tidak heran, menu ini menjadi favorit penggiat angkat beban karena isinya yang terdiri dari karbohidrat dari nasi dan protein dari daging ayam.

Baca juga: Unagi, makanan mewah musim panas di Jepang
Ilustrasi Pho Ga (ANTARA/HO)

5. Pho Ga
Pho Ga adalah menu mie khas Vietnam yang dibuat dengan variasi kaldu ayam. Karbohidrat dari mie ditambah toping daging ayam white meat sebagai protein. Kandungan vitamin dari aneka sayur juga menjadikan menu ini tak hanya simpel, tapi sehat dan menyegarkan.

“Kami berkomitmen memberikan pengalaman konsumsi makanan sehat yang berbeda kepada masyarakat Indonesia dengan ragam makanan khas Vietnam yang kami miliki. Untuk itu, kami menggandeng layanan pembayaran ShopeePay untuk memberikan voucher cashback 100 persen pada kampanye Shopee Mantul Sale pada 25-27 Agustus dan 9.9 Super ShopeePay Deals pada 28 Agustus-12 September,” kata Herry Santoso, Founder & Owner Pho 24 Indonesia.

Baca juga: Masakan Indonesia menginspirasi restoran Vietnam

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar