Alhamdulillah, kita sudah baik sekitar 79-80 persen dari target
Jakarta (ANTARA) - Vaksinasi siswa di Ibu Kota hingga saat ini sudah mencapai 79,4 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua sudah 46,8 persen.

"Alhamdulillah, kita sudah baik sekitar 79-80 persen dari target dan ke depan lebih baik lagi demi keamanan anak-anak kita saat PTM (pembelajaran tatap muka)," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Bahkan, kata Riza, saat ini vaksinasi di Jakarta sudah diberikan pada 9,5 juta orang untuk dosis pertama, sementara sudah 5,2 juta orang telah diberikan dosis kedua vaksin COVID-19.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan bahwa seluruh anak usia sekolah usia 12 hingga 17 tahun di Ibu Kota, ditargetkan rampung vaksin COVID-19 pada Agustus 2021 ini demi persiapan untuk PTM.

Widyastuti mengatakan di Jakarta terdapat 795.612 anak usia 12-17 tahun yang menjadi target vaksinasi COVID-19 dan di antaranya ada sekitar 750.000 anak sudah mendapat vaksinasi.

Baca juga: Pemkot Jakbar targetkan seluruh siswa selesai divaksin pada Agustus

Demi mewujudkan target vaksinasi pada anak usia sekolah tersebut, Widyastuti menyebut bahwa pihaknya sudah berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk mendata anak usia sekolah 12-17 tahun untuk dilakukan vaksinasi.

Widyastuti juga menyebut Dinas Kesehatan juga sudah meminta persediaan vaksin Sinovac untuk memastikan ketersediaan vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun.

"Karena untuk usia 12-17 tahun rekomendasinya adalah Sinovac dan itu terus menerus kami mintakan supaya untuk memastikan semua anak usia remaja tadi terlindungi dengan vaksinasi," ucap dia.

Namun demikian, Widyastuti menyebut bahwa untuk kepastian digelarnya PTM, tergantung dari kesiapan Dinas Pendidikan sendiri.

"Untuk kepastian kapan PTM, itu ranahnya Disdik, kami terus berikan penguatan vaksinasinya," ucap dia.

Baca juga: 81 persen siswa di Jakarta Barat sudah vaksin

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan para pelajar bisa melakukan pembelajaran tatap muka apabila telah disuntik vaksin COVID-19.

Jokowi mengucapkan hal tersebut ketika Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meminta kepada Jokowi agar sekolah tatap muka dibuka apabila anak usia 12-17 tahun sudah divaksinasi.

Mendengar permintaan itu Jokowi memberikan tanggapan.

"Jadi semuanya, untuk semua pelajar di seluruh Tanah Air, kalau sudah divaksin, silakan dilakukan langsung belajar tatap muka. Karena surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri sudah ada," ucap Jokowi.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021