MotoGP

Kaki terkilir di FP2 GP Inggris, Quartararo lolos dari cedera serius

Kaki terkilir di FP2 GP Inggris, Quartararo lolos dari cedera serius

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dibantu berjalan oleh marshal setelah terjatuh di sesi latihan bebas kedua Grand Prix Inggris, Sirkuit Silverstone. (27/8/2021). ANTARA/Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo mengaku merasakan sedikit sakit di kaki kirinya, namun bukan cedera yang serius, setelah terkilir ketika terjatuh di sesi latihan bebas kedua Grand Prix Inggris pada Jumat.

Sang pemuncak klasemen sementara hampir terancam gagal menjalani balapan ke-12 musim ini di Sirkuit Silverstone setelah mengalami highside di Tikungan 8 ketika suhu trek cukup dingin.

Pebalap Prancis itu tampak kesakitan memegangi kaki kirinya setelah terjatuh dan kembali ke garasi dengan terpincang-pincang sebelum melanjutkan kembali sesi latihan.

Baca juga: Quartararo terpincang-pincang sebelum puncaki catatan FP2 GP Inggris
Baca juga: Usai jeda, Quartararo ingin fokus jalani yang terbaik tiap akhir pekan


El Diablo tak membuang waktu melibas kembali aspal Silverstone dan mampu menorehkan waktu tercepat provisional 2:00,138 dengan 15 menit tersisa.

Quartararo masih menyimpan kecepatan dan memperbaiki catatan waktunya di lap berikutnya kendati masih di atas dua menit, sebelum tampil lebih cepat lagi dengan catatan 1:59,317 yang tak bisa ditandingi lawan-lawannya.

"Semuanya baik. Kaki kiri saya sedikit sakit, tapi tidak ada yang serius," kata Quartararo dikutip laman resmi tim, Jumat.

"Saya telah ke pusat medis dan kembali ke atas motor, dan tidak masalah. Di atas motor itu bukan masalah, hanya ketika saya berjalan saya merasa cukup kesakitan.

"Tapi, sebenarnya yang paling penting adalah di atas motor saya tidak merasakan sakit," kata Quartararo.

Upaya larut Jack Miller membawa sang pebalap Ducati ke peringkat dua, terpaut 0,512 detik dari pemuncak sesi dan rookie tim Pramac Racing Jorge Martin yang merangsek ke peringkat tiga setelah sempat terjatuh di FP1.

Suhu trek yang kurang optimal juga telah menyebabkan sejumlah pebalap mencium aspal di sesi latihan bebas, seperti yang dialami Marc Marquez di sesi pagi dan sang adik Alex Marquez yang terjatuh di kedua sesi.

Baca juga: Jelang GP Inggris, para pebalap top minim pengalaman di Silverstone
Baca juga: Sirkuit Mandalika tuan rumah tes pramusim MotoGP pada Februari 2022


Quartararo tiba di Inggris dengan keunggulan 47 poin sebagai pemuncak klasemen dari penantang terdekatnya, yaitu Francesco Bagnaia dari tim Ducati dan Joan Mir dari tim Suzuki, sementara Johann Zarco terlempar ke peringkat empat setelah hasil kurang memuaskan di Austria.

"Saya harus kembali ke Clinica Mobile nanti. Kaki saya sepertinya terkilir, jadi mereka akan menaruh es di atasnya dan membalutnya agar kuat. Itu akan baik-baik saja besok," kata Quartararo.

Marc Marquez masih memegang rekor lap dan pole position di Silverstone, dan sang juara dunia delapan kali masih memulihkan diri dari cedera lengan dan bahu musim ini.

Sang pebalap Spanyol terlibat duel klasik dengan kompatriotnya Alex Rins di Silverstone 2019, namun sang pebalap Suzuki mencuri kemenangan di tikungan terakhir menuju finis, menjadi salah satu finis terketat dalam sejarah MotoGP.

Baca juga: Crutchlow ditugasi sebagai pengganti Vinales mulai GP Inggris
Baca juga: Dixon berupaya tanpa beban nikmati debut MotoGP bareng Petronas Yamaha

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Nama baru Sirkuit Mandalika telah diluncurkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar