Syukur semua pebalap baik-baik saja sepertinya
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Belanda Beitske Visser dan pebalap Norwegia Ayla Agren telah meninggalkan rumah sakit menyusul kecelakaan beruntun yang melibatkan enam mobil pada babak kualifikasi ajang W-Series di Sirkuit Spa-Francorchamps, Jumat.

Pebalap Inggris Abbie Eaton dan Sarah Moore, serta Belen Garcia asal Spanyol dan Fabienne Wohlwend terlibat dalam kecelakaan babak kualifikasi Grand Prix Belgia ajang balap mobil kursi tunggal yang diikuti seluruhnya oleh pebalap putri itu.

Mereka telah menjalani pemeriksaan di pusat medis sirkuit dan juga dinyatakan lolos dari cedera serius.

Baca juga: Tabrakan beruntun di Spa, sejumlah pebalap W Series dilarikan ke RS

"Syukur semua pebalap baik-baik saja sepertinya. Mobil-mobil itu bertahan luar biasa baik dari apa yang terlihat sebagai kecelakaan yang masif," kata direktur balapan Dave Ryan seperti dikutip Reuters.

Tabrakan yang terjadi pada seri pendukung Formula 1 itu memicu kembali wacana perlunya pemeriksaan terhadap Sirkuit Spa-Francorchamps menyusul sejumlah insiden kecelakaan serius, termasuk salah satu yang menyebabkan kematian pebalap Formula 2 Anthoine Hubert dua tahun silam.

Pebalap cadangan tim Williams F1 Jack Aitken juga mengalami patah tulang selangka saat kecelakaan di sirkuit tersebut pada ajang balap ketahanan Spa 24 Hours akhir juli.

"Perlu adanya perubahan di tikungan ini dan saya sangat terkejut belum ada yang berubah," kata pebalap cadangan Alfa Romeo Callum Ilott di media sosial seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Latifi kemungkinan bertahan di Williams musim depan

Kecelakaan pada Jumat itu terjadi ketika mobil para pebalap mulai menanjak ke tikungan cepat Eau Rouge menuju Raidillon. Moore dan Eaton kehilangan kendali mobilnya hingga menabrak pembatas dan kemudian dihantam sejumlah mobil lainnya.

Mobil Eaton dan Visser bahkan terpelanting ke udara karena benturan tersebut, sedangkan mobil Wohlwend terbalik di trek.

Sesi kualifikasi dihentikan sementara sebelum restart.

Pemuncak klasemen sementara Jamie Chadwick asal Inggris merebut pole position untuk GP Belgia.

Baca juga: Verstappen tercepat di FP2 sebelum kecelakaan di pengujung sesi

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021