Apabila kawan-kawan di Jepang bisa jalankan (Olimpiade), kita di Papua juga bisa, Torang Bisa
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman yakin bahwa PON XX Tahun 2021 di Papua akan sukses sebagaimana perhelatan multievent tingkat dunia yang baru usai, Olimpiade Tokyo 2020.

“Kehadiran saudara-saudara memberikan satu semangat untuk kita semua, bahwa Olimpiade Tokyo dapat berjalan baik. Insyaallah PON XX Tahun 2021 di Papua ini juga bisa berjalan dengan baik,” kata Marciano saat membuka Chef de Mission (CdM) Meeting III, seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima Antara, Sabtu.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua akan digelar sesuai jadwal. Penyelenggaraannya akan tetap dibuka secara resmi pada 2 Oktober 2021.

Baca juga: KONI berharap CdM Meeting III dimanfaatkan untuk pemantapan PON Papua

“Saat ini adalah masa yang sangat sulit, di masa pandemi COVID-19, kita harus melaksanakan PON di mana acara ini sudah ditunda selama satu tahun dan direncanakan akan kita mulai tanggal 2 – 15 Oktober 2021,” kata Marciano dalam acara yang digelar di Hotel Horison, Kotaraja, Kota Jayapura, Papua itu.

Ketua Umum KONI Pusat percaya bahwa Bangsa Indonesia dapat mengikuti Bangsa Jepang yang sukses menggelar Olimpiade.

“Kita memiliki contoh sangat baik, beberapa waktu lalu Olimpiade Tokyo berjalan lancar di tengah COVID-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat,” katanya.

Baca juga: PB PON Papua sebut pelaksanaan CdM Meeting III direncanakan virtual

“Apabila kawan-kawan di Jepang bisa jalankan (Olimpiade), kita di Papua juga bisa, Torang Bisa,” ujar Marciano penuh semangat.

Terkait upaya pencegahan penyebaran COVID-19, Ketua Umum KONI Pusat menyampaikan bahwa pemerintah telah berupaya mendorong vaksinasi dengan baik. Khusus di Papua, ditargetkan 70% masyarakat sekitar tempat penyelenggaraan sudah divaksin. Dengan begitu, 33 kontingen provinsi tidak perlu khawatir bertanding di Papua.

Tak lupa, Marciano pun mengajak seluruh kontingen untuk turut menyukseskan PON XX.

“Saya mengajak saudara-saudara sekalian, mari kita buat PON XX Tahun 2021 sebagai PON pemersatu bangsa, karena saat itu 33 provinsi datang ke Papua untuk bersama saudara-saudaranya di Papua melaksanakan perhelatan olahraga empat tahunan,” ajak Marciano.

Baca juga: Panglima puji penanganan COVID-19 di Kabupaten Merauke
Baca juga: Satgas COVID Papua dorong proses vaksinasi dipercepat jelang PON XX

Baca juga: Kapolri pastikan persiapan pelaksanaan PON XX Papua sudah maksimal

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021