Jakarta (ANTARA News) - SAP Asia Pasifik Jepang menggelar kompetisi ‘SAP F1 Dashboard Design Challenge’ untuk semua siswa berprestasi dari universitas dan politeknik di wilayah Asia Tenggara.

Kompetisi ini diselenggarakan sebagai bagian dari SAP University Alliances Program, dan dirancang untuk mendorong inovasi dan kreativitas para mahasiswa.

SAP University Alliances Program (UAP) memungkinkan staf pengajar dari lembaga pendidikan tinggi untuk memberikan pengalaman hands-on di kelas dan laboratorium dengan menggunakan piranti lunak SAP bagi siswa mereka.

SAP menyediakan akses untuk lisensi piranti lunak, lokakarya instruksional dan konferensi bagi para dosen, materi kursus, dan alat bantu pengajaran lainnya untuk perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia.

Pendaftaran kompetisi dimulai sejak tanggal 15 November 2010, ketika hasil lomba akhir musim F1 2010 diumumkan di Abu Dhabi.

Kompetisi didasarkan pada platform 'SAP Crystal Dashboard Design'. Setiap tim yang terlibat dalam kompetisi ini ditugaskan untuk mengembangkan sebuah dashboard untuk menganalisis kinerja semua tim F1 selama 10 tahun terakhir (2001-2010).

Desain dashboard yang dikembangkan harus memungkinkan pengguna mendapatkan wawasan lebih luas dengan aspek yang berbeda dari kinerja tim F1, termasuk musim kompetisi, pembalap dan tim.

Data yang akan membentuk dasar dari dashboard, dapat bersumber dari situs resmi F1 (www.formula1.com dibawah "Results" tab).

Dashboard setiap tim akan dinilai berdasarkan fungsinya, kreativitas, manajemen data, dan dokumen pendukung lainnya. Untuk mengikuti kompetisi ini, siswa harus mendaftarkan tim mereka terlebih dahulu, dan setiap tim harus terdiri dari tiga anggota.

Enam finalis terpilih akan mempresentasikan dashboard mereka di depan  panel juri yang ditunjuk oleh SAP. Presentasi akan dilakukan secara tatap muka atau melalui web konferensi pada saat Grand Final yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Februari 2011.

Hadiah berupa voucher menarik dan sertifikat resmi akan diberikan kepada tiga tim pemenang teratas. Tiga tim pemenang teratas akan memperoleh hadiah uang tunai, yaitu masing-masing sebesar 1.500 dolar, 900 dolar, dan 300 dolar.

Untuk informasi lebih jauh mengenai persyaratan kompetisi ini, kunjungi http://www.aseanevents.com/sap/contest/rules.html.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010