Ganjar minta radio daerah berinovasi

Ganjar minta radio daerah berinovasi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengikuti webinar bersama Persada.id secara daring. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pengelola radio daerah yang tergabung dalam Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.id) untuk berinovasi dan kreatif agar dapat bertahan serta berkembang menjadi salah satu sumber rujukan masyarakat.

"Saat saya bertemu Gus Ipul (Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf yang juga mantan Ketua Umum Persada.id) dan membicarakan tentang Persada.id, saya melihat ada potensi yang sangat besar. Ini dahsyat menurut saya, dan tinggal dipoles sedikit saja bisa luar biasa. Caranya, ya mesti bertahan, melakukan inovasi dan kreativitas," kata Ganjar saat mengikuti webinar bersama Persada.id secara daring di Semarang, Sabtu.

Ganjar yang baru saja didapuk menjadi Ketua Umum Persada.id menilai lembaga penyiaran daerah memiliki potensi yang sangat besar dan bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Menurut dia, banyak cara yang bisa dilakukan oleh pengelola radio dan televisi milik pemerintah daerah, yakni pembenahan peralatan dan sumber daya manusia, kreativitas dan inovasi di bidang konten juga harus ditonjolkan.

"Kemasan konten yang menarik ini yang mesti kita tampilkan, kalau tidak menarik, ya pasti tidak didengarkan. Sekarang ini, radio itu tidak hanya didengarkan, tapi juga harus bisa dilihat secara audio visual. Kemajuan teknologi ini yang harus dimanfaatkan," ujarnya.

Konten yang menarik, lanjut Ganjar, pasti ada di setiap daerah di Indonesia, seperti budaya, tradisi serta hal-hal yang berbau inspirasi.

Ganjar mencontohkan kisah inspiratif Covid Rangers di Rembang, yakni kisah anak-anak muda mantan penyintas COVID-19 yang membuat gerakan untuk membantu meringankan pasien COVID-19, atau cerita tentang kisah inspiratif mahasiswa yang mau turun ke jalan membantu pemerintah menangani pandemi.

Ganjar menilai Persada.id juga memiliki potensi yang luar biasa yang tidak dimiliki radio dan televisi swasta, di antaranya jejaring yang kuat dari Sabang sampai Merauke.

"Jadi konten-konten yang bagus-bagus itu, bisa kita siarkan secara serempak di semua daerah. Yang sudah memiliki konten-konten bagus, bisa di-share ke daerah lain dan bisa disampaikan ke masyarakat," jelasnya.

Dengan demikian, radio dan televisi daerah, lanjut Ganjar, pasti akan menjadi terkenal sebab program-program yang disuguhkan tidak hanya memberi informasi, hiburan dan pendidikan bagi masyarakat, namun juga bisa digunakan untuk alat promosi yang mengangkat daerah masing-masing.

Ganjar menegaskan siap memimpin Persada.id menjadi lebih baik lagi, namun ratusan radio dan televisi lokal yang menjadi anggotanya, diharapkan tetap bersemangat untuk melakukan kreativitas dan inovasi.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dukung STQ XXVI, Ganjar Pranowo disambut warga Ternate

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar