Jakarta (ANTARA) - Para juara Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2021 yang digelar oleh BPK Penabur diharapkan terus mengejar prestasi hingga menjadi pecatur ulung bergelar Grand Master (GM) yang memiliki karakter baik.

"Kalian adalah orang hebat, sudah jujur, karena jujur adalah juara. Terus lah semangat meneruskan bakat, kita berharap kalian jadi Master dan GM," kata Ketua Umum Yayasan BPK Penabur, Adri Lazuardi, saat menutup turnamen catur yang diikuti para pelajar dari 24 provinsi itu.

Adri Lazuardi sangat berterima kasih kepada para siswa dari 800 sekolah di 24 provinsi di Indonesia yang telah berani bertarung di kejuaraan ini dengan mengutamakan kejujuran.

“Kelak pada suatu hari, Anda akan menjadi Master dan Grand Master pada jamannya. Kita upayakan catur bisa membentuk karakter bangsa, membuat Indonesia yang lebih maju, lebih sejahtera, lebih harmoni dalam keberagaman,” katanya menambahkan.

Baca juga: Festival Catur Pelajar Penabur diharapkan tumbuhkan karakter jujur
Baca juga: Mendikbudristek apresiasi Festival Catur Pelajar BPK Penabur 2021


Senada dengan Adri, Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya mengatakan bahwa para peserta merupakan harapan bangsa. Mereka yang sudah berprestasi harus bisa menjadikan pencapaian saat ini untuk jadi yang lebih baik lagi.

"Jadilah generasi muda yang tidak hanya cerdas, juga berkarakter baik dan bermartabat," katanya.

Eka Putra Wirya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Yayasan BPK Penabur dengan menggelar turnamen catur di masa pandemi.

“Bukan hanya menggelar turnamen pelajar, akan tetapi mengedukasi para pelajar dengan kejujuran. Kegiatan ini sesungguhnya sebuah upaya untuk menabur benih-benih karakter dasar kejujuran, sportivitas, disiplin, dan tanggung jawab,” kata Eka menjelaskan.

Dalam turnamen catur yang diselenggarakan secara online itu, Nayaka Budidarma dari SMAN 3 Malang, Stevanky (SMAK Tunas Harapan), dan Epeshians Prismaranatha (SMAN 03 Salatiga) tampil sebagai juara 1, 2, dan 3 untuk kategori SMA Putra.

Untuk kategori SMA Putri, Aulia Putri Nabila (SMAN 1 Bandar Lampung) tampil sebagai juara, disusul Cecilia Natalie Liuviann (SMAN 10 Bogor), dan Aurellia Vania Winanda (MAN 2 Kota Malang) di posisi kedua dan ketiga.

Nayaka dan Aulia berharap festival catur ini terus digelar tiap tahun. Dengan adanya ajang seperti ini, mereka mengaku bisa mengasah kemampuan bercatur.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2021 BPK Penabur diikuti sebanyak 1.365 siswa dari 800 sekolah (24 provinsi yang memperebutkan hadiah total sebesar Rp30 juta. Turnamen ini dibagi dalam 8 kategori, yakni SMA (putra dan putri), SMP (putra dan putri), SD (1-3 putri), dan SD (1-3 putra).

Baca juga: Festival Catur BPK Penabur diharapkan jaring pecatur berbakat
Baca juga: Tim catur Lampung gelar uji coba melawan Sumsel jelang PON XX Papua
Baca juga: Duda rebut gelar juara Piala Dunia Catur FIDE 2021






.

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021