Batusangkar (ANTARA) - Kampung Minang, Nagari Sumpu, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menjadi satu-satunya desa wisata yang dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan istrinya Nur Asia Uno.

"Biasanya Mpok Nur ngak turun saat kunjungan ke desa wisata, tapi kali ini langsung turun dan sangat kagum dengan desa ini," kata Sandiaga Uno yang memanggil istrinya dengan sebutan "Mpok Nur", di Nagari Sumpu, Sabtu .

Warga yang hadir menyambut perkataan Sandi tersebut dengan harapan sebagai pertanda baik untuk kampung mereka.

Menurut Sandi, istrinya itu kagum dengan Nagari Sumpu yang memiliki rumah gadang dan dijadikan homestay

"Mudah-mudahan dari 75.000 desa, desa wisata ini terpilih," tambah Sandi, diamini warga setempat.

Nagari Sumpu bersama empat desa lainnya terpilih dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf.

Sandi berharap, desa wisata Sumpu mampu mempunyai program unggulan ke depannya.

Pada kesempatan tersebut, Sandi bersama istri juga melihat homestay yang dibuka di tiga rumah gadang di Nagari Sumpu.

Homestay dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, di antaranya disediakan tempat cuci tangan di pintu masuk, hand sanitizer dan masker di atas kasur.

Selain itu, Sandi juga terkesan dengan ikan bilih goreng yang ditawarkan UMKM di Nagari Sumpu, kemudian langsung memborong sebanyak Rp400 ribu.

Ketua Pokdarwis Kampung Minang Sumpu, Zuherman mengatakan, di desa wisata itu sedikitnya terdapat 70 rumah rumah gadang yang dalam kondisi baik.

"Dari 70 rumah gadang itu, tiga rumah sudah dijadikan homestay bagi wisatawan. Selain, kami juga menawarkan paket wisata berbasis budaya dan kearifan lokal," jelasnya.

Selain wisata, kata Zuherman, di Kampuang Minang Sumpu juga memiliki kuliner khas, yakni ikan bilih goreng, pangek sasau, singgang, dan buah sawo.
Baca juga: Gubernur Sumbar: Sektor pariwisata butuh ide kreatifitas generasi muda
Baca juga: Sumbar tetap tuan rumah pagelaran seni Indonesian Channel 2021

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021