Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting mewarnai pemberitaan ekonomi selama sepekan ini mulai dari dukungan terhadap UMKM pada gelaran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pelangi Sulawesi hingga pembangunan pusat Jajan Kuliner dan Cendera Mata (PJKC) di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Simak berita selengkapnya.

 

Teten Masduki dorong pelaku UKM garap pasar dalam negeri

 

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mendorong pelaku usaha kecil menengah di Indonesia mulai menggarap pasar dalam negeri seiring sulitnya ekspor produk UMKM karena kelangkaan kontainer.

 

Teten Masduki di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, mengatakan saat ini sedang krisis global yang menyebabkan sistem logistik tertanggu, misalnya kasus di Indonesia, yakni semakin sedikit mengimpor barang dari luar, praktis kontainer yang masuk ke Indonesia berkurang.

 

Gernas BBI, Gubernur targetkan UMKM Sulut "go digital"

 

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menargetkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa "go digital".

 

"UMKM yang go digital akan mampu meningkatkan penjualan bahkan promosinya akan lebih luas," kata Olly, dalam peluncuran Gernas BBI-BWI Pelangi Sulawesi, di Manado, Kamis.

 

Gernas BBI Sulawesi, Luhut: Kerahkan pejabat jadi duta produk lokal

 

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey agar mengerahkan seluruh pejabat daerah untuk menjadi duta produk lokal melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Pelangi Sulawesi yang mengusung tema "Dari Sulawesi Menuju Mancanegara".

 

"Kepada Gubernur Sulut, mari kita dukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kerahkan seluruh pejabat daerah menjadi brand ambassador produk lokal. Tunjukkan bahwa pemerintah ada untuk UMKM," kata Menko Luhut Pandjaitan saat menghadiri acara tersebut secara virtual, Kamis

 

Mendag optimistis 30 juta UMKM bakal masuk perdagangan digital 2023

 

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi optimistis pemerintah akan mencapai target 30 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bergabung dalam perdagangan digital hingga pada 2023, bahkan lebih.

 

"Melihat perkembangan yang sangat positif, kami optimistis target pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM on boarding ke platform digital pada akhir 2023 akan tercapai. Bahkan melebihi target yang ditetapkan Bapak Presiden Joko Widodo," ujar Mendag Lutfi saat menghadiri Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Pelangi Sulawesi secara virtual, Kamis.

 

Kemendag canangkan lokasi pembangunan pusat jajan Likupang Sulut

 

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mencanangkan lokasi pembangunan pusat Jajan Kuliner dan Cendera Mata (PJKC) di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, yang sekaligus merupakan bentuk dukungan pengembangan destinasi pariwisata superprioritas dan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

 

"Pencanangan lokasi pembangunan PJKC merupakan sebagai sarana dalam memasarkan produk unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," kata Wamendag lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021