Jayapura (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX mengharapkan agar para utusan masing-masing provinsi dalam pelaksanaan Chef de Mission (CdM) Meeting III dapat segera menyampaikan kesiapan Papua untuk menggelar pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut.

Ketua PB PON XX Papua Yunus Wonda mengatakan CdM meeting III yang menjadi pembahasan terakhir antar delegasi seluruh kontingen dengan tuan rumah itu hanya membahas pemantapan kesiapan tuan rumah satu bulan jelang penyelenggaraan PON.

"Seluruh jajaran panitia sudah siap untuk penyelenggaraan PON, jangan ragu dengan Papua," kata Yunus di Jayapura, Minggu.

Menurut dia, seperti yang sudah menjadi komitmen para kontingen dan tuan rumah, konsumsi dan akomodasi akan digratiskan karena hal itu sudah menjadi komitmen bersama.

"Sehingga yang datang bisa lihat kesiapan dan konsistensi kami tetap tidak berubah," ujar Yunus. 

Baca juga: Komisi keabsahan PON Papua validasi 7.066 atlet 
Baca juga: Tinjau venue PON XX Papua, Kapolri pastikan pengamanan dan prokes 


Dia menjelaskan pihaknya juga tidak berhenti berusaha untuk membenahi dan melengkapi beberapa hal yang masih kurang, di antaranya perihal konsumsi yang masih menanti pencairan APBN dan beberapa kontingen yang meminta penambahan kuota kartu identitas.

"Namun selebihnya, kesiapan Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan melalui PB PON sudah sangat progresif," tegas Yunus.

Oleh karena itu, ia memastikan kesiapan PB PON untuk menyelenggarakan ajang olahraga tersebut. Selain itu, PB PON juga berterima kasih kepada KONI Pusat yang selalu mendampingi mereka dalam mempersiapkan PON tahun ini, meskipun ada catatan yang akan menjadi perhatian bagi pihaknya.

"Kami juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa kami, PB PON, sudah siap untuk mensukseskan PON. Artinya, hingga kini tidak berhenti bekerja dan terus berusaha untuk memaksimalkan penyelenggaraan walaupun mendapatkan kendala," ungkap Yunus. 

Baca juga: Kapolri gunakan pendekatan kearifan lokal ajak masyarakat Papua Isoter 
Baca juga: Menpora harapkan warga sekitar arena PON divaksin 
Baca juga: Vaksinasi klaster PON Papua ditargetkan selesai September 

 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021