Indonesia dan Italia memiliki kesamaan pandangan mengenai pentingnya penguatan kerja sama dan kolaborasi global
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Italia, Esti Andayani, melakukan serangkaian kegiatan kerja dan promosi Indonesia di Versilia, Italia, guna menguatkan kerja sama dan kolaborasi kedua negara.

"Indonesia dan Italia memiliki kesamaan pandangan mengenai pentingnya penguatan kerja sama dan kolaborasi global dalam menghadapi berbagai tantangan dunia saat ini, termasuk menghadapi pandemi COVID-19. Akses terhadap vaksin COVID-19 tentunya haruslah adil, bagi seluruh negara, untuk seluruh orang”, kata Dubes Esti.

Pernyataan itu dikemukakan dalam konser musik amal “Olimpiadi del Cuore” di Kota Forte dei Marmi, Jumat (27/8) malam, dan dikutip ANTARA di Jakarta, Minggu, melalui siaran pers Kedubes RI Roma. 

Baca juga: Maquinn harumkan Indonesia lewat "Fashion Film Realm of Silence"

Ia mengatakan bahwa semangat saling membantu merupakan bagian karakter bangsa Indonesia.

“Semangat saling membantu, peduli sesama, khususnya terhadap masyarakat yang sedang kesusahan dan membutuhkan bantuan, juga telah menjadi bagian dari karakter kepribadian rakyat dan bangsa Indonesia," kata dia.

Oleh karena itu, ia menilai kerja sama dan kolaborasi sangat perlu sekali untuk ditingkatkan, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan dunia saat ini, termasuk menghadapi pandemi COVID-19.

Esti berharap aksi nyata bersama perlu terus dilanjutkan, contohnya seperti penyelenggaraan konser musik amal yang diadakan di Forte dei Marmi tersebut.

Baca juga: KBRI Roma perkuat diplomasi Bahasa Indonesia di Italia

Acara konser tersebut menghadirkan sejumlah penyanyi dari Italia dan juga Indonesia, salah satunya adalah Andrea Bocelli dari Italia dan Anggun Cipta Sasmi dari Indonesia. Dalam konser tersebut, keduanya bernyanyi bersama menyanyikan lagu "Can’t Help Falling in Love”, dilanjutkan dengan penampilan solo Anggun yang melantunkan lagu “Snow on the Sahara”.

Selain menghadiri konser amal, Dubes Eeti juga pada 27 Agustus 2021 melakukan pertemuan kerja sekaligus promosi Indonesia kepada beberapa pihak di kawasan Versilia, di antaranya dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Forte dei Marmi, Pemkot Seravezza, asosiasi hotel dan restoran, serta kelompok pengusaha lainnya.

Dubes RI juga menjelaskan potensi investasi di Indonesia, informasi mengenai UU Cipta Kerja, Indonesia Investment Authority (INA) serta mendorong partisipasi pengusaha Italia untuk ikut serta dalam kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 yang akan diselenggarakan secara daring pada 21 Oktober - 4 November 2021.

Sementara itu, Kota Forte dei Marmi sendiri terkenal sebagai salah satu resor wisata musim panas terbaik di Italia, tempat tinggal golongan elite, pebisnis dan selebriti Italia. Sementara itu, kota Seravezza dikenal sebagai penghasil marmer terbaik di Italia dan memiliki sekolah khusus untuk desain batu marmer.

Di kawasan tersebut juga terdapat beberapa industri yang cukup maju, di antaranya adalah industri perikanan laut, pertanian dan floriculture (tanaman bunga hias).

Baca juga: Indonesia dorong kerja sama pembangunan berkelanjutan ASEAN-Italia

Pewarta: Katriana
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021