Formula 1

Daftar balapan F1 dengan separuh poin

Daftar balapan F1 dengan separuh poin

Gambaran umum Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps yang diliputi cuaca buruk, Minggu (29/8/2021) (ANTARA/REUTERS/Christian Hartmann)

Jakarta (ANTARA) - Grand Prix Belgia yang dimenangi oleh pebalap Red Bull Max Verstappen pada Minggu menjadi balapan terpendek di Formula 1 dan menjadi yang keenam dalam sejarah kejuaraan dunia yang lahir sejak 1950 itu dengan separuh poin diberikan kepada para pebalap.

Balapan hari itu tertunda hingga tiga jam karena cuaca buruk. Safety car memandu mobil menjalani restart dan race director terpaksa menghentikan balapan karena cuaca tak kunjung membaik.

Regulasi menyebutkan hanya separuh poin balapan diberikan bagi pebalap apabila balapan berjalan antara dua lap dan 75 persen dari jarak asli.

Verstappen, yang start dari pole position, dinyatakan sebagai juara mendapat 12,5 poin karena syarat minimal dua lap terpenuhi.

George Russell yang start dari P2 meraih finis podium perdananya di F1 berseragam tim Williams, sementara pemuncak klasemen sementara Lewis Hamilton membawa pulang 7,5 poin di P3, demikian laman resmi Formula 1.

Baca juga: Cuaca buruk tunda start Grand Prix Belgia
Baca juga: Verstappen juarai GP Belgia yang dihentikan karena cuaca buruk


Berikut daftar lima balapan lainnya dengan separuh poin yang diberikan kepada pebalap seperti dilansir Reuters:

Malaysia 2009
Pebalap Inggris Jenson Button memenangi GP Malaysia yang kaotis untuk merebut kemenangan keduanya dalam dua balapan membela tim Brawn GP. Balapan dihentikan di belakang Safety Car setelah 32 putaran dari 56 lap yang dijadwalkan karena hujan deras.

Australia 1991
Balapan penutup musim di Adelaide itu dimenangi pebalap Brazil Ayrton Senna setelah dihentikan pada lap ke-14 dari 81 putaran yang dijadwalkan karena hujan deras. Pebalap Italia Gianni Morbidelli menutup musim dengan raihan poin setengah dan harus menunggu hingga 1994 untuk meraih genap satu poin.

Monako 1984
Balapan di sirkuit jalanan Monte Carlo itu terhenti di lap ke-31 dari 77 putaran total karena hujan. Pebalap Prancis Alain Prost berhak menjadi juara. Ia kehilangan titel tahun itu dengan margin setengah poin atas pebalap Austria Niki Lauda, kendati memenangi lebih banyak balapan.

Austria 1975
Dihentikan di lap ke-29 dari 54 saat Oesterreichring diguyur hujan. Mendiang pebalap Italia Vittorio Brambilla merebut kemenangan satu-satunya dalam kariernya di F1 dan saking senangnya ia kehilangan kendali mobilnya hingga menabrak pagar pembatas setelah melintasi finis.

Spanyol 1975
Balapan di Sirkuit Montjuich, Barcelona itu disetop setelah 29 putaran dari 75 yang dijadwalkan ketika mobil Lola yang dikendarai pebalap Jerman Rolf Stommelen menabrak kerumunan penonton dan menewaskan lima orang. Pebalap Italia Lella Lombardi finis P6, menjadi pebalap putri pertama yang mencetak poin, kendati belum ada pebalap putri yang mencetak poin penuh hingga kini.

Baca juga: Perez tersingkir dari GP Belgia setelah kecelakaan jelang start
Baca juga: GP Belgia: Norris kena penalti lima posisi grid karena ganti girboks
Baca juga: F1 revisi kalender musim 2021 menjadi 22 balapan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar