Jakarta (ANTARA News) - Kematian mendadak Michael Jackson memicu curahan kesedihan di seluruh dunia. Biar begitu, fans-nya justru makin menguras kocek masing-masing sehingga menjadikan Jackson sebagai mendiang selebriti terbanyak meraup uang tahun ini yaitu 275 juta Dolar (sekitar Rp2,45 triliun).

Seperti dilaporkan Forbes, uang tersebut lebih besar dari total gabungan 12 mendiang selebriti lain di daftar yang disusun majalah tersebut. Tahun lalu Jackson berada di peringkat ketiga dengan pemasukan 90 juta dolar.

Elvis Presley berada di posisi kedua dengan 60 juta dolar yang berasal dari pemasukan rumahnya, Graceland, yang sekarang menjadi museum dan objek wisata di Memphis, Tennessee, kemudian dari pertunjukan Cirque de Soleil dan lebih dari 200 transaksi cindera mata maupun lisensi-lisensi.

Menurut Lacey Rose dari Forbes, posisi Jackson di urutan satu tersebut tak mengejutkan karena banyak penggemarnya tetap berminat kepada musiknya, videonya dan segala sesuatu tentang Michael Jackson.

Jackson berusia 50 ketika meninggal di rumahnya di Los Angeles pada tanggal 25 Juni tahun lalu, sesaat sebelum serangkaian rencana konser "comeback" di London. Penyanyi itu meninggalkan tiga anak dan utang sebesar 500 juta dolar.

Warisan yang dia tinggalkan justru menghasilkan ratusan jutaan dolar, sebagian besar melalui rekor penjualan, film konser "This Is It", hak lisensi, kesepakatan untuk merilis album baru dan pertunjukan panggang Cirque du Soleil di Las Vegas.

"Berkat katalognya yang penghasil jutaan dolar, penjualan film dan album-albumnya, mendiang raja musik pop itu meraup lebih banyak dolar dibandingkan gabungan Lady gaga, Madonna dan Jay-Z," kata Rose.

Di posisi tiga mendiang selebriti terbanyak penghasil uang adalah penulis J.R.R. Tolkien dengan karya triloginya "Lords of the Rings". Dia tahun ini menghasilkan 50 juta dolar.

Posisi berikutnya adalah Charles Schulz, pencipta kartun Charlie Brown dan Snoopy, dengan 33 juta dolar.Mantan anggota the Beatles ,John Lennon, menduduki peringkat No. 5 dengan pendapatan sebesar 17 juta dolar. Daftar lengkap dapat dilihat pada www.forbes.com/deadcelebs
(A038/A038/BRT)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010