Ini untuk menghargai dan mendukung karya kreatif anak bangsa
Jakarta (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta menggandeng lapak perdagangan daring untuk menjual produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna mendorong pemulihan ekonomi masyarakat dari dampak pandemi COVID-19.

“Ini untuk menghargai dan mendukung karya kreatif anak bangsa,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan produk yang dijual di lapak daring Tokopedia itu merupakan pelaku UMKM peserta ekspo daring Jakarta Kreatif Festival (JakreatiFest) 2021.

Periode penjualan produk tersebut berlangsung hingga 7 September 2021 yang dapat diakses melalui aplikasi Tokopedia pada kategori Bangga Buatan Indonesia JaKreatFest.

Produk yang dijual beragam mulai makan dan minuman, kerajinan seperti tas, busana, hingga kebutuhan protokol kesehatan seperti masker motif batik atau tenun.

Baca juga: UMKM di DKI berpeluang genjot serapan pembiayaan

BI Jakarta mengadakan JaKreatiFest 30-31 Agustus 2021 dengan mengakomodasi sekitar 138 pelaku UMKM di Jakarta untuk mendukung kebangkitan pelaku usaha mencermati sinyal pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19.

Selama dua hari, lanjut dia, rencananya diadakan sejumlah agenda di antaranya webinar, lokakarya soal pengembangan UMKM dan syariah, peragaan busana, musik, perfilman, wisata dan ekonomi kreatif lainnya.

Jika pelaksanaan sebelumnya, lanjut dia, menekankan UMKM sektor kuliner dan fesyen, pada ajang tahun ini juga diramaikan dengan UMKM atau ekonomi kreatif lain seperti musik hingga animasi sehingga diharapkan menyentuh kalangan milenial.

"Dampaknya kami harap mendukung percepatan pemulihan ekonomi di sektor terkait program Bangga Buatan Indonesia, mendorong berkembangnya sektor utama dan kami dukung ekonomi syariah," ucapnya.

Baca juga: BI DKI pertemukan ekosistem UMKM untuk percepat pemulihan ekonomi

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021