Jakarta (ANTARA News) - Timnas Thailand bermain imbang 2-2 melawan Laos di laga perdana penyisihan grup A AFF Suzuki Cup 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu.

Laos yang merupakan tim yang lolos dari kualifikasi mampu mengimbangi Thailand yang pernah tiga kali juara AFF ini. Laos pun lebih dulu unggul yang kemudian disamakan tim dari Gajah Putih.

Di babak pertama, pelatih Thailand Bryan Robson menurunkan dua striker Sarayoot Chaikamdee dan Teeratep Winothai sedangkan pelatih Laos menampilkan duet Lamnao dan Khampeng Sayavutthi di sisi depan.

Pada babak pertama, Thailand beberapa kali melancarkan serangan yang nyaris membuahkan gol. Laos yang merupakan tim lolos dari kualifikasi ini mampu memberikan perlawanan sehingga sedikit menyulitkan sektor pertahanan Thailand.

Pada menit lima, Thailand mencoba menekan lewat serangan Sarayoot namun mampu diamankan kiper Laos Sengpachan Bounthisanh.

Demikian juga satu serangan Therdsak Chaiman hanya mengenai gawang Laos di menit 40.

Pada babak pertama ini, kartu kuning pertama diperoleh Rangsan Vivatchaichok oleh wasit U Myo Win dari Myanmar, karena menjegal pemain Laos Lamnao.

Gol pertama Laos tercipta lewat kaki Konekham Soukhavong yang tak mampu di amankan kiper Thailand Sinthaweechai Hathairattanakool di menit 55.

Tertinggal satu gol, Thailand mencoba menekan. Satu serangan nyaris membuahkan gol, namun pemain Thailand sudah terjebak offside. Akhirnya, gol balasan tercipta oleh Sarayoot Chaikamdee di menit 67.

Setelah imbang, pelatih Thailand langsung memasukkan tiga pemain cadangannya yakni Terrasil Dangda, Datsakorn Thonglao dan Naruphol Ar-Romsawa.

Menit 81, Laos malah memperbesar gol lewat tendangan keras dari luar kotak penalti oleh pemain pengganti Kanlaya Sysomvang yang tak mampu diamankan kiper Thailand. kedudukan berubah menjadi 2-1.

Thailand kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2- lewat kaki Sarayoot Chaikamdee di akhir babak kedua.

Selanjutnya, partai Indonesia menghadapi Malaysia di babak penyisihan grup A ini.

Susunan pemain:

Thailand: Sinthaweechai Hathairattanakool (kiper), Suree Sukha, Chonlatit Jantakam, Suttinun Phukom, Suchao Nutnum/Teerasil Dangda, Sarayoot Chaikamdee, Rangsan Vivatchaichock, Therdsak Chaiman (kapten) /Naruphol Ar-Romsawa, Teeratep Winothai/Datsakorn Thonglao, Sutee Suksomkit,Theerathon Bunmathan.

Pelatih: Bryan Robson.


Laos: Sengphachan Bounthisanh (kiper), Saynakhoneveing Phommapanya, Kitsada (Kapten), Ketsada sauksavanh, Khamla Pinkeo, Lamnao Singto/Kanlaya Sysomvang, Keviengphet Lithideth, Kaysone Soukhavong, Konekham Inthammavong, Soukaphone Vongchiengkham, Khamphen Sayavutthi.

Pelatih: David Booth.

Wasit U Myo Win (Myanmar).(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010