Secara garis besar, kebijakan pangan disusun oleh BPN dan akan dilaksanakan Perum Bulog
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan penugasan dari Badan Pangan Nasional (BPN) dalam rangka mengelola sembilan pangan pokok secara nasional.

"Sebagai bentuk persiapan dalam melaksanakan penugasan, Perum Pulog telah menginisiasi kajian sembilan pangan pokok, serta meningkatkan kompetensi karyawan Bulog dalam bentuk pelatihan-pelatihan yang relevan," katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional, terdapat sembilan jenis pangan yang dikelola BPN yaitu beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, telur unggas, daging ruminansia, daging unggas, dan cabai.

"Sebagai pelaksana kebijakan pangan, Perum Bulog siap menerima penugasan dari BPN, yaitu yang pertama untuk pengelolaan cadangan pangan pemerintah, ketersediaan stabilisasi pasokan, dan harga pangan," kata Budi Waseso yang akrab disapa Buwas.

Penugasan BPN ke Perum Bulog yang kedua yaitu terkait pengadaan, pengelolaan, penyaluran cadangan pangan pemerintah melalui BUMN pangan. Selanjutnya, penugasan yang ketiga yaitu untuk pengembangan sistem informasi pangan terpadu dan terintegrasi dari hulu ke hilir sebagai alat monitoring dan dasar kebijakan pengambilan keputusan terkait pengelolaan pangan.

"Yang ingin saya sampaikan sekali lagi bahwa seluruh jajaran Perum Bulog senantiasa berkomitmen untuk terus menjaga ketahanan pangan dengan berbagai tantangan yang dihadapi saat ini," ujarnya.

Buwas memaparkan bahwa terdapat tiga regulasi yang saling berkaitan sebagai dasar kebijakan pangan nasional, yaitu UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2016 tentang Penugasan Presiden Kepada Perum Bulog, dan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional.

Secara garis besar, katanya, kebijakan pangan disusun oleh BPN dan akan dilaksanakan Perum Bulog.

Baca juga: Buwas: Stok beras capai 1,16 juta ton, cukup penuhi stabilisasi harga
Baca juga: Badan Pangan Nasional jangan dibatasi kepada sembilan komoditas
Baca juga: Wakil Ketua DPD berharap Badan Pangan solusi pembangunan pertanian

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021