TNI-AL bantu kebutuhan air bersih warga korban banjir bandang Sigi

TNI-AL bantu kebutuhan air bersih warga korban banjir bandang Sigi

Komandan Pangkalan TNI AL Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M.Tr.Hanla meninjau ketersediaan air bersih yang disuplai oleh Pangkalan TNI AL Palu, untuk warga terdampak banjir bandang di Desa Rogo, Sigi, Senin (30/8/2021). ANTARA/Muhammad Hajiji/am.

Satu mobil tangki berkapasitas 5.000 liter
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) membantu kebutuhan air bersih bagi warga terdampak bencana alam banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut.

"Kami Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu bersama Korem 132 Tadulako, Kodim dan Koramil dan Pemerintah Desa Rogo, membantu kebutuhan air bersih warga yang terdampak banjir," ucap Komandan Pangkalan TNI AL Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, di Sigi, Senin.

Banjir bandang disertai lumpur dan material kayu melanda Desa Rogo, Kabupaten Sigi pada Minggu malam (29/8). Dampak dari bencana itu, warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Pangkalan TNI AL Palu menyuplai air bersih yang dimuat oleh satu mobil tangki berkapasitas 5.000 liter air bersih.

Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting mengatakan warga yang kesulitan air bersih dapat memanfaatkan air bersih yang disuplai oleh Pangkalan TNI AL Palu, untuk kebutuhan konsumtif, mandi dan sebagainya.

"Kami menyuplai air bersih ke lokasi untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam banjir bandang," kata dia.

"Satu mobil tangki berkapasitas 5.000 liter disiapkan untuk menyuplai air bersih ke warga di Desa Rogo," kata Marthin Luther Ginting.

Pasokan air bersih, sebut dia, akan disuplai setiap saat kepada warga dalam proses pemulihan pascabencana alam banjir bandang itu.

"Jika airnya habis, maka truk tangki akan pergi mengisi air bersih, dan akan kembali ke Desa Rogo," sebutnya.

Saat ini satu unit mobil tangki air milik TNI Angkatan Laut berkapasitas 5.000 liter air bersih disiapkan di dekat dapur umum, di Desa Rogo.

"Saat ini kami membawa sendiri dari pangkalan menggunakan mobil tangki tersebut, jika nanti airnya habis, maka kami akan mencari titik bersih untuk diambil, dan disuplai ke warga," ujarnya.

Selain air bersih, Pangkalan TNI-AL Palu juga menurunkan puluhan anggota untuk membantu warga dan pemerintah Desa Rogo, demi percepatan pemulihan penyintas.

Pangkalan TNI AL Palu juga menyuplai kebutuhan pangan yang diberikan ke dapur umum, untuk dimanfaatkan secara bersama demi membantu warga setempat.

"Dapur umum dan kebutuhan logistiknya disediakan oleh para ibu-ibu Jalasenastri dan Kowal," ungkap dia.

Baca juga: Banjir bandang terjang Sigi-Sulteng, 170 jiwa warga terdampak

Baca juga: 80 KK terdampak banjir bandang di Desa Rogo Kabupaten Sigi

Baca juga: Pemkab Sigi kerahkan alat berat atasi dampak banjir bandang Desa Rogo
Warga terdampak banjir bandang memanfaatkan air bersih yang disuplai oleh Pangkalan TNI AL Palu, di Desa Rogo, Sigi, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PTDI kirimkan Heli Serbu Bell 412EPI ketujuh untuk Kemenhan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar