Menkominfo paparkan program prioritas pada tahun 2022

Menkominfo paparkan program prioritas pada tahun 2022

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan pernyataan pers disela-sela Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (30/8/2021). ANTARA/Imam Budilaksono/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjelaskan ada beberapa program prioritas yang akan dijalankan kementeriannya pada tahun 2022, salah satunya mempersiapkan masyarakat Indonesia memasuki era transformasi digital.

"Dampak COVID-19 mengharuskan kita menyelesaikan permasalahan di sektor digital untuk mengantarkan masyarakat memasuki era transformasi digital," kata Johnny G Plate di sela Rapat Kerja Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan hampir semua program yang dimiliki Kemenkominfo merupakan prioritas, misalnya infrastruktur digital seperti satelit dan penyediaan akses internet untuk fasilitas publik masyarakat.

Pada saat bersamaan, menurut dia, harus dilakukan peningkatan kemampuan digital bagi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia mulai dari tingkat dasar hingga atas.

Baca juga: Menkominfo: Kita harus sigap ikuti dinamika perubahan komunikasi

"Di tingkat dasar ada gerakan literasi digital, tingkat menengah ada 'digital talent scholarship', dan tingkat atas ada 'digital leadership academy'. Tentu saja kerja sama dengan institusi lain harus dibangun bersama-sama, termasuk dengan global teknologi yang ada di Indonesia," ujarnya.

Johnny menjelaskan Kominfo akan mempersiapkan infrastruktur untuk data di Indonesia sehingga dapat dibentuk pusat data atau "goverment cloud" yang harus dipersiapkan sejak saat ini.

Menurut dia, agenda prioritas Kominfo 2022 yang lain menjaga pola komunikasi publik secara baik, karena tahun depan ada beberapa agenda penting yang akan dihadapi bangsa Indonesia.

Dia menjelaskan salah satu agenda dalam negeri yang penting pada tahun 2022 adalah persiapan Pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan awal tahun.

"Komunikasi publik harus dijaga dengan baik agar masyarakat tenang. Apalagi diharapkan pemulihan pandemi COVID-19 lebih baik sehingga gerak ekonomi masyarakat berjalan dan saat yang sama ada agenda politik dalam negeri," katanya.

Baca juga: Pemerintah fasilitasi inovasi dan latih talenta digital

Dia menekankan bahwa semua program-program prioritas tersebut perlu didukung anggaran yang memadai agar pelaksanaannya bisa maksimal.

Karena itu, menurut dia, Raker Komisi I DPR RI akan membahas secara rinci kebutuhan anggaran bagi pelaksanaan program prioritas Kominfo 2022.

Sebelumnya, Komisi I DPR RI menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Komisi Informasi (KI) Pusat, dan Dewan pers, salah satunya membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) Tahun Anggaran 2022, yang dilaksanakan secara tertutup.

Raker tersebut diagendakan akan membahas tiga poin utama, yakni pertama, pembahasan laporan keuangan Kemkominfo APBN Tahun Anggaran 2020.

Kedua, pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) Kemkominfo TA 2022 dan ketiga, membahas program prioritas nasional dan Prioritas Kominfo Tahun 2022.

Baca juga: Pemerintah terapkan digitalisasi tangani pandemi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkominfo minta 420 lembaga penyiaran segera beralih ke digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar