PON 2021 Papua

Siman Sudartawa targetkan tiga emas di PON XX Papua

Siman Sudartawa targetkan tiga emas di PON XX Papua

Atlet renang Indonesia I Gede Siman Sudartawa usai konferensi pers Oceanman Bali 2021 di Jakarta, Senin (30/8/2021). ANTARA/Arindra Meodia

Jakarta (ANTARA) - Atlet renang I Gede Siman Sudartawa menargetkan tiga emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. 

Perenang yang akan membela DKI Jakarta dalam gelaran olahraga multievent nasional itu menargetkan emas untuk tiga nomor yang akan ia ikuti, yakni 50 meter dan 100 meter gaya punggung, serta 4x100 meter estafet gaya ganti.

"Target sendiri itu tiga emas, yang diwaspadai mungkin untuk di nomor 100 meter ada dari tuan rumah Papua, ada atlet belia, itu juga timnas," kata Siman usai temu media Oceanman Bali 2021 di Jakarta, Senin.

Baca juga: Oceanman Bali 2021 bergeser ke September karena pandemi 

Sementara itu, untuk nomor 50 meter gaya punggung dan 4x100 meter estafet gaya ganti, peraih emas nomor 50 meter gaya punggung SEA Games 2019 itu mengaku percaya diri.

Pada PON 2016 Jawa Barat, Siman mencatatkan tiga emas di nomor yang sama. Selain menempati podium pertama, atlet berusia 25 tahun itu juga berkeinginan untuk memecahkan rekor nasional atas nama dirinya sendiri, yaitu pada nomor 50 dan 100 meter gaya punggung.

"Cuma, terkendalanya pertandingannya sedikit, jadi latih tandingnya sedikit, itu yang jadi kendala," ujar Siman. 

Jakarta Open yang akan dibuka 1 September, menurut dia, akan menjadi pertandingan pertama baginya setelah sekian banyak turnamen yang harus ditunda karena pandemi COVID-19.

Ia pun mengungkapkan persiapannya untuk PON XX Papua telah dimulai sejak Januari.

"Karena pertama planning-nya kita pikir PON dulu baru SEA Games, jadi sekalian persiapan. Tapi, SEA Games-nya diundur, jadi setahun ini persiapannya PON untuk puncaknya," ungkap Siman.

Meski telah berlaga di sederet ajang internasional, Siman, yang juga mempersembahkan medali perunggu nomor 100 meter gaya punggung putra untuk Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina, mengatakan penting baginya untuk mengikuti PON.

"Jadi untuk PON sendiri kita membela daerah, karena dari daerah, kita di-support, digaji, ya, balasannya kita harus berjuang di PON," pungkas Siman. 

Baca juga: Renang laut Sulsel incar perunggu di PON XX Papua 
Baca juga: Perenang putri Sumbar matangkan latihan jelang PON Papua 

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jendi Pangabean gagal pecahkan rekor sendiri di para renang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar