BPPT: Penguatan data batimetri dukung kepentingan perhubungan laut

BPPT: Penguatan data batimetri dukung kepentingan perhubungan laut

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza berbicara dalam webinar dengan tema Peran Teknologi Pemetaan Laut Dalam untuk Mendukung Program Batimetri Nasional, Utilitas Bawah Laut dan Ekstensi Landas Kontinen Indonesia di Jakarta, Selasa (31/8/2021). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak.

Jakarta (ANTARA) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengatakan penguatan pengumpulan data untuk peta kedalaman laut atau batimetri sangat berguna untuk kepentingan perhubungan laut, salah satunya untuk pengembangan dermaga yang baru dan pemeliharaan dermaga yang sudah ada.

"Dalam pengembangan dermaga baru ataupun pemeliharaan dermaga yang telah ada, ketersediaan dan pemeliharaan data batimetri menjadi sangat penting," kata Kepala BPPT Hammam Riza dalam webinar dengan tema Peran Teknologi Pemetaan Laut Dalam untuk Mendukung Program Batimetri Nasional, Utilitas Bawah Laut dan Ekstensi Landas Kontinen Indonesia di Jakarta, Selasa.

Hammam menuturkan suatu dermaga dirancang dengan kondisi batimetri tertentu, berdasarkan jenis kapal yang dilayani, maupun untuk mengidentifikasi gangguan di alur pelabuhan.

Dikarenakan operasional keluar-masuk kapal di pelabuhan sangat dipengaruhi oleh kondisi batimetri, maka kedalaman laut di sekitar pelabuhan harus terjaga.

Baca juga: BPPT dukung peningkatan riset eksplorasi mineral laut dalam Indonesia

Baca juga: BPPT perkuat infrastruktur penelitian laut dalam


Selain itu, batimetri juga dibutuhkan dalam menentukan rute pelayaran kapal dan lokasi pemasangan rambu-rambu laut melalui peta navigasi.

"Peta navigasi ini tentu akan melancarkan kapal yang melakukan pelayaran dan mengurangi bahaya terjadinya kecelakaan," ujarnya.

Batimetri merujuk pada pengukuran dan pemetaan topografi dasar laut. Survei batimetri merupakan kegiatan pengumpulan data, pemetaan air dan kondisi perairan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan data kedalaman ataupun topografi dasar laut, termasuk lokasi dan luasan objek-objek di dalamnya.

Seluruh informasi mengenai batimetri atau kedalaman laut di suatu perairan menjadi hal yang krusial untuk mendukung aktivitas pemanfaatan ruang di wilayah pantai yang merupakan bagian dari pembangunan nasional.

Baca juga: BPPT: Eksplorasi mineral laut dukung teknologi ramah lingkungan

Baca juga: BPPT luncurkan cangkang kapsul rumput laut untuk kurangi impor gelatin

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar