masker telah menjadi fashion dari diri kita
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah figur publik Indonesia menyatakan bahwa protokol kesehatan sudah menjadi gaya hidup selama pandemi COVID-19 seperti memakai masker, menggunakan hand sanitizer, rapat virtual dan pola bekerja dari rumah.

Presenter Jeremy Teti mengatakan perubahan perilaku juga terjadi pada aspek penerapan protokol kesehatan melalui pemakaian masker.

“Sekarang ini masker telah menjadi fashion dari diri kita. Jadi kemana pun kita pergi, kita bisa tampil fashionable dengan masker,” kata Jeremy dalam acara Dialog Produktif Semangat Selasa bertajuk “Jangan Abai, Jangan Lepas Maskernya” terpantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pemakaian masker, membuat desain-desain pada masker menjadi lebih kreatif dan mengalami kemajuan. Selain itu dapat menambah poin dari segi penampilan yang sehat melalui penampilan protokol kesehatan.

Hal senada dikatakan Aktris Atiqah Hasiholan bahwa protokol kesehatan memberikan pengaruh terhadap terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dalam aspek kesehatan.

“Ya, seperti dalam jasa kebersihan dan penjualan masker,” ujar dia.

Namun selain itu, Atiqah menjelaskan perubahan kebiasaan yang paling dirasakan adalah pembagian waktu dalam bekerja dan mengurus urusan rumah tangga.

Saat ini menurut dia, kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) membuat sebagian besar orang melakukan pekerjaan dari rumah sehingga pembagian waktu untuk bekerja dan keluarga menjadi lebih efektif.  "Ini menjadi sangat efektif karena melakukan pekerjaan dari rumah sekaligus dapat membagi waktu dengan keluarga," katanya.

Baca juga: Menkes: Pandemi tuntut perubahan perilaku
Baca juga: Satgas: Buku kedua Pedoman Perubahan Perilaku lebih mudah dipahami


Ia menjelaskan, kebijakan PPKM merupakan sebuah langkah yang tepat untuk mengendalikan pandemi, karena dapat membantu mengembalikan kehidupan sosial dalam bermasyarakat.

"PPKM tentunya adalah langkah yang tepat untuk mengendalikan pandemi, agar kemudian tercipta kembali kehidupan sosial bermasyarakat yang sewajarnya dan juga sehat," kata Atiqah saat dihubungi ANTARA, Selasa.

Sementara aktor Mike Ethan mengatakan gaya hidup sehat telah mengubah pemikiran psikologis pada saat menerapkan protokol kesehatan.

“Buat saya pribadi, keluar rumah tanpa memakai masker itu seperti keluar rumah tanpa memakai baju. Jadi mindset seperti ini sudah tertanam dalam psikologis saya dalam menggunakan masker,” kata Mike.

Ia mengatakan masyarakat kini sangat mengedepankan kesehatan. Sehingga kegiatan seperti memakai hand sanitizer, menjaga pola asupan gizi melalui vitamin dan makanan bergizi sudah menjadi sebuah gaya hidup baru yang lumrah untuk terus diterapkan.

“Memakai hand sanitizer, memakai masker, menjaga pola asupan gizi dari vitamin atau makanan bergizi, saya rasa itu sudah menjadi gaya hidup masyarakat sekarang,” ujar dia.

Baca juga: Menkes tekankan pentingnya perubahan perilaku dalam penanganan pandemi
Baca juga: Anies sebut krisis COVID-19 mempercepat perubahan perilaku


Sebelumnya, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas) Sonny Harry B. Harmadi mengatakan protokol kesehatan (prokes) akan menjadi bagian dari gaya hidup yang akan selalu diterapkan oleh masyarakat di masa depan.

“Sangat mungkin. Satu hal yang positif selama masa pandemi ini, masyarakat jadi lebih peduli dengan kesehatan. Mereka juga literasi tentang kesehatannya menjadi lebih baik,” kata Sonny saat  saat dihubungi ANTARA, Senin (30/8).

Sonny menjelaskan, PPKM juga telah membentuk kebiasaan-kebiasaan baru dalam masyarakat yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mencuci tangan sebelum makan, mengganti pakaian setelah berpergian, dan mencari informasi seputar kesehatan yang berhubungan dengan menjaga daya imun tubuh.

Perilaku lain yang paling dirasakan adalah banyak sekali masyarakat yang bergantung pada aplikasi belanja daring  untuk membeli beberapa barang kebutuhan.

“Perilaku lainnya, orang kalau rapat secara virtual mungkin akan jauh lebih biasa, dibanding rapat secara fisik. Dulu perjalanan macet membuang waktu, biaya, risiko dan seterusnya. Sekarang orang akan terbiasa dengan virtual meeting,“ kata dia menjelaskan perilaku-perilaku pada aspek lain yang muncul akibat pemberlakuan PPKM.

#ingatpesanibu
#sudahvaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua
​​​​​​​
Baca juga: Hidup sehat jangan berhenti meski pandemi berakhir nanti
Baca juga: Sosialisasi perubahan perilaku jadi upaya menekan penularan COVID-19


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021