Lantik tiga Kapolda Kapolri titip 2 pesan

Lantik tiga Kapolda Kapolri titip 2 pesan

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono memberikan keterangan pers kepada awak media di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (31/8/2021). ANTARA/Laily Rahmawaty

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat serah terima jabatan tiga Kapolda baru untuk wilayah Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Sulawesi Tengah, menitipkan dua pesan utama yang menjadi tuntutan untuk dilaksanakan oleh perwira tinggi tersebut.

"Pesan Kapolri kepada para Kapolda yang dilantik, yakni tentang penanganan pandemi COVID-19 dan menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtimbas)," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa.

Tiga Kapolda yang diserahterimakan jabatannya yakni Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Toni Harmanto yang menggantikan Irjen Pol Eko Indra Heri. Lalu Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa Putra yang menggantikan Irjen Pol Toni Harmanto.

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Rudy Sufahriadi menggantikan Irjen Pol Abdul Rakhman Baso yang dipromosikan sebagai Karo Brimob Polri.

Baca juga: Kapolda baru diminta antisipasi varian baru COVID-19

Argo menyampaikan, dua pesan utama Kapolri kepada para Kapolda yang baru dilantik adalah pengendalian COVID-19 dan menjaga Harkamtibmas di wilayahnya masing-masing.

"Kepada Kapolda yang baru, ada Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah dan Sumatera Barat, Kapolri menyampaikan bahwa Polri masih melakukan pencegahan COVID-19 utamanya seperti itu. Kebijakan COVID-19 yang harus diturunkan dengan berbagai upaya kemudian tidak lupa selain penanganan pandemi, adalah Harkamtibmas menjadi tuga pokok Polri yang tidak boleh dikesampingkan," ujar Argo.

Argo menegaskan, dua pesan Kapolri tersebut menjadi tuntutan dan menjadi bagian dari pada tugas Kapolda yang baru untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat baik itu Kamtibmas maupun penanggulangan COVID-19.

Selain melantik tiga Kapolda Baru, Kapolri juga melantik Irjen Pol Eko Indra Heri (mantan Kapolda Sumsel) sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri dan Kombes Pol Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta sebagai Kapuslitbang Polri.

Dalam amanatnya, kata Argo, Kapolri menyampaikan kepada staf ahli untuk membantu Kapolri dalam menentukan kebijakan-kebijakan strategis sehingga nanti bisa memberikan masukan-masukan kepala Kapolri.

"Dalam kesempatan itu juga Bapak Kapolri mengapresiasi dan terima kasih kepada Kapolda maupun penjabat lama, terutama Kapolda Sulteng yang sudah berdedikasi sampai pengabdiannya untuk mengelola Sulteng hingga kondusif," ungkap Argo.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar