Kita memang jarang ketemu dengan tim-tim tersebut, tapi bisa memberikan yang terbaik
Jakarta (ANTARA) - Tim nasional (timnas) bola basket Indonesia optimistis bisa melewati babak pertama kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 zona Asia-Oseania yang akan dimulai pada November 2021.

Berdasarkan hasil drawing FIBA, Selasa, skuad Merah Putih tergabung di Grup C bersama negara-negara Timur Tengah yakni Yordania, Arab Saudi, dan Lebanon.

Dari hasil drawing tersebut, Yordania dan Lebanon menjadi dua tim yang diperhitungkan. Indonesia setidaknya harus masuk tiga besar di Grup C untuk bisa melaju ke babak berikutnya.

Baca juga: Demi Piala Dunia FIBA 2023, Perbasi dorong upaya naturalisasi

Manajer timnas Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, mengatakan berdasarkan hasil drawing Indonesia punya peluang untuk bisa melewati babak pertama kualifikasi.

"Menurut saya ini adalah grup yang ideal. Kita jarang sekali bertanding dengan negara Timur Tengah. Tetapi bukan alasan, ini adalah tantangan," ujar Mocha, sapaan akbar Maulana Fareza Tamrella dalam konferensi pers, Selasa malam.

Mocha mengungkapkan semula target Indonesia adalah finis di urutan dua. "Namun melihat drawing grup ini bisa lebih baik, sekiranya di peringkat dua. Lebanon adalah kandidat terkuat. Sedangkan Yordania dan Saudi Arabia saya yakin bisa meraih hasil positif," Mocha menambahkan.

Hal senada juga diungkapkan kapten timnas bola basket Indonesia Arki Dikania Wisnu. Menurutnya, siapa pun lawan yang akan dihadapi skuad Merah Putih harus siap.

"Jadi lebih ke persiapan kita sendiri untuk menghadapi setiap pertandingan nanti. Kita memang jarang ketemu dengan tim-tim tersebut, tapi bisa memberikan yang terbaik," kata Arki penuh optimistis.

Untuk kualifikasi zona Asia-Oseania, Indonesia akan bersaing dengan 15 tim lainnya. Mereka terbagi menjadi empat grup dan berisikan masing-masing empat tim. Tiga tim dengan peringkat terbaik dari masing-masing grup akan maju ke babak kedua.

Baca juga: Erick Thohir kunjungi Menpora bahas venue FIBA World Cup 2023

Berikut hasil undian kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 zona Asia-Oseania:

Grup A
Selandia Baru
Korea Selatan
Filipina
India

Grup B
Australia
China
Jepang
Taiwan

Grup C
Yordania
Lebanon
Indonesia
Arab Saudi

Grup D
Iran
Kazakhstan
Suriah
Bahrain

Baca juga: FIBA luncurkan logo Piala Dunia 2023
Baca juga: Indonesia bakal bangun stadion mewah demi Piala Dunia FIBA 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021