diawali laporan yang datang ke Posmat Toboali melalui jaring UHF dengan informasi adanya Kapal Yacht berbendera Indonesia yang dinakhodai Triadi Patria  terombang-ambing di lautan
Jakarta (ANTARA) - Selebritas Ibu Kota Bucek Depp berhasil selamat dari cuaca buruk ketika kapal jenis Yacht yang digunakannya mengalami kerusakan mesin di  perairan Bangka Selatan pada Selasa (31/8).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, membenarkan aktor Bucek Depp adalah salah seorang penumpang kapal Sv. Denok Bay yang dievakuasi oleh personel Pos Pengamat (Posmat) Toboali, jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Bangka Belitung di Perairan Selat Bangka, sekitar selatan perairan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan.

Baca juga: "Marmut Merah Jambu", kisah cinta pertama Raditya Dika

Peristiwa itu diawali laporan yang datang ke Posmat Toboali melalui jaring UHF dengan informasi adanya Kapal Yacht berbendera Indonesia yang dinakhodai Triadi Patria  terombang-ambing di lautan karena kerusakan mesin sejak berlayar pada 19 Agustus 2021.

Informasi berantai tersebut dilaporkan ke Komandan Lanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan sebagai laporan yang ditindaklanjuti dengan memerintahkan Posmat Toboali memberikan pertolongan darurat kepada kapal berikut awaknya agar bisa selamat.

Baca juga: Perjuangan mendapat restu ayah di "Operation Wedding"

Selanjutnya, Posmat Toboali melaksanakan evakuasi dengan menarik Kapal Yacht menggunakan kapal nelayan menuju perairan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Sedangkan Kapal Yacht sendiri diperbaiki sampai dapat dioperasikan lagi untuk meneruskan pelayaran ke Jakarta.

Baca juga: Bucek perankan tentara galak

"TNI AL khususnya Lantamal III dan jajarannya baik yang berada di Pangkalan TNI AL, Posal maupun Posmat agar selalu siap melaksanakan pertolongan darurat baik karena cuaca, bencana alam maupun insiden tak terduga," kata Umar.

"Semua itu dilaksanakan sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar TNI AL di wilayahnya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam memberikan bantuan kepada pengguna jasa laut yang membutuhkan pertolongan darurat,” pungkasnya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021