Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyelenggarakan Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2021 yang lebih beragam melalui berbagai media seperti film pendek hingga TikTok, untuk sebarkan semangat pesan antikorupsi.

"'Bangkit, Beraksi, Berkreasi' dipilih menjadi tema ACFFest 2021 ini, karena KPK berharap kehadiran festival film ini dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk para anak muda untuk bangkit dan terus mendukung anti korupsi melalui karya dan kreativitas di tengah situasi pandemi," kata Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Wawan Wardiana dalam peluncuran secara daring, Rabu.

Lebih lanjut, ia mengatakan hal ini juga sejalan dengan tujuan ACFFest yaitu mengajak anak muda untuk tetap aktif, kreatif, peduli, serta kritis dalam segala keterbatasan yang ada untuk tetap mengkampanyekan gerakan antikorupsi.

Melihat antusiasme peserta ACFFest yang meningkat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir dan melihat tren konten digital yang tengah digemari anak muda, tahun ini KPK menambah satu program kompetisi yaitu kompetisi TikTok antikorupsi.

Kompetisi ini terbuka untuk umum dan pendaftaran telah dibuka sejak 1 September-31 Oktober 2021.

KPK sudah menyiapkan hadiah total sebesar Rp250 juta bagi para pemenang.

Terdapat empat kategori kompetisi yang dapat diikuti, yaitu Kompetisi film pendek fiksi/komedi (durasi maksimal 15 menit), Kompetisi film pendek dokumenter (durasi maksimal 15 menit).

Lebih lanjut, Kompetisi film pendek animasi (durasi maksimal 15 menit), dan Kompetisi TikTok Antikorupsi (durasi maksimal 3 menit).

KPK juga masih membuka kesempatan dan mengajak para pembuat film untuk mengirimkan proposal ide film yang mengangkat tema nilai anti-korupsi berdurasi 10-15 menit.

Sebanyak 10 proposal terpilih akan mendapat bantuan dana produksi sebesar Rp30 juta, berhak mengikuti Movie Camp Online dan mendapat pendampingan teknis dari mentor profesional.

Kompetisi proposal ide cerita ACFFest 2021 dibuka sejak 1-30 September 2021. Pembuat film akan diberikan waktu untuk produksi film selama 2 bulan sejak Oktober-November 2021.

Film-film yang telah selesai diproduksi dan diberikan penilaian, kemudian akan diputar pada rangkaian ACFFest Screening Day dan juga malam penganugerahan ACFFest 2021 yang akan disiarkan di salah satu TV nasional, yang akan dilaksanakan Desember mendatang dalam rangkaian Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia).

Baca juga: KPK: Film jadi wadah generasi muda sampaikan pesan antikorupsi

Baca juga: Produktif bikin film saat pandemi ala Garin Nugroho dan Naya Anindita

Baca juga: Tips cari ide dan tulis cerita film ala sutradara Sammaria Simanjuntak

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021