Jakarta (ANTARA) - Dua wakil para-bulu tangkis Indonesia mengantongi kemenangan pertama dalam laga pembuka fase penyisihan grup Paralimpiade Tokyo 2020 di Yoyogi National Stadium, Tokyo, Rabu.

Hary Susanto/Leani Ratri Oktila mengawali debutnya di ajang Paralimpiade dengan menang mudah 21-12, 21-11 atas wakil tuan rumah Daisuke Fujihara/Akiko Sugino pada nomor ganda campuran SL3-SU5.

Kemenangan Hary/Leani diikuti oleh Dheva Anrimusthi pada nomor tunggal putra SU-5 setelah mengalahkan rekan senegaranya, Suryo Nugroho dengan skor 21-7, 21-7.

Sementara itu pada cabang para-atletik, Jaenal Aripin kembali belum berhasil lolos ke final dalam kualifikasi nomor lari 100m T54 putra.

Jaenal, yang didiskualifikasi dari lomba nomor 400m T54 pada Minggu (29/8), harus puas finis di peringkat keempat dengan catatan waktu 14,53 detik.

Nasib serupa juga harus dialami atlet para-menembak Bolo Triyanto. Ia juga belum berhasil melaju ke final setelah gagal menembus delapan besar dalam babak kualifikasi R5 10m air rifle SH2 campuran.

Bertanding di Asaka Shooting Range, Bolo berada di peringkat ke-24 dari 36 peserta dengan mencatatkan skor 631,0 poin.

Sehari sebelumnya, atlet berusia 37 tahun itu juga gagal melangkah lebih jauh hingga babak final pada nomor R4 10 meter air rifle standing SH2 campuran karena hanya mampu menempati posisi ke-24.

Atas hasil itu, Indonesia tak kunjung beranjak dari raihan tiga medali di Paralimpiade Tokyo, dengan rincian satu perak dan dua perunggu.

Medali perak disumbangkan oleh Ni Nengah Widiasih dari cabang olahraga para-powerlifting kelas 41kg putri, serta dua perunggu dari Saptoyogo Purnomo pada cabang para-atletik nomor 100m putra T37 dan David Jacobs dari cabang olahraga para-tenis meja kelas 10 perorangan putra.

Namun skuad Merah Putih berpeluang menambah perolehan medali lewat cabang para-badminton yang menjadi tumpuan utama dan ditargetkan dapat menyumbang satu medali emas dan satu perak.

Baca juga: Hary/Leani kantongi kemenangan pertama Grup A Paralimpiade Tokyo
Baca juga: Gagal berlaga di final, Bolo Triyanto diharap tingkatkan fokus
Baca juga: Jaenal Aripin gagal tembus final 100 meter

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021