Mamuju (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat mengatakan kontingen Provinsi Sulbar yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, yang berlangsung pada 2-15 Oktober, mulai diberangkatkan pada 22 September 2021.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar Muhammad Hamzih menyatakan tim PON Sulbar sudah siap berlaga di ajang olahraga nasional empat tahunan tersebut.

"Dua cabang olahraga yang akan diberangkatkan terlebih dahulu, yakni catur dan sepak takraw. Kedua cabor itu akan diberangkatkan pada 22 September 2021," kata Hamzih saat dihubungi di Mamuju, Rabu.

Ia pun mengaku telah mengecek kesiapan arena pertandingan dan tempat menginap para atlet di Papua nanti.

"Kami sudah mengecek venue dan tempat menginap atlet Sulbar di Papua. Semuanya sudah siap, dan kesiapan tim PON Sulbar juga sudah 100 persen," terang Hamzih.

Baca juga: Percasi Sulbar targetkan medali perak pada PON XX Papua 

Walaupun sempat terkendala anggaran akibat kisruh pemilihan Ketua KONI Sulbar, ia optimistis tim PON Sulbar dapat menunjukkan prestasi maksimal di ajang PON XX Papua.

"Kami optimistis, tim PON Sulbar sudah siap menunjukkan prestasi terbaik untuk daerah kita. Kami mohon doa dan dukungan masyarakat Sulbar agar kontingen Sulbar dapat meraih prestasi di PON Papua," pungkas Hamzih.

Kontingen atlet Sulawesi Barat akan mengikuti delapan cabang olahraga pada PON XX di Papua, diantaranya dayung, catur dan sepak takraw.

Pada ajang pesta olahraga empat tahunan itu, Provinsi Sulbar akan memberangkatkan 52 orang, termasuk atlet, pelatih, ofisial serta pendamping dari KONI dan Dispora Sulbar. 

Baca juga: Harapan Sulbar raih medali dari cabor dayung 
Baca juga: Sulbar dipastikan ikut PON Papua 
 

Pewarta: Amirullah
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021