Jambi (ANTARA News) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Didi Wurjanto, menyatakan, Sungai Batanghari akan dijadikan sebagai ikon pariwisata Kota Jambi.

"Kita berupaya akan mempromosikan keindahan sungai Batanghari agar menjadi ikon pariwisata Kota Jambi," kata Didy, disela-sela pesona budaya festival Sungai Batanghari Jambi, di Jambi, Minggu.

Menurut Didy, keindahan Sungai Batanghari Jambi ini bisa dinikmati di Tanggo Rajo atau sering disebut Ancolnya Jambi.

Di lokasi rekreasi Tanggo Rajo ini, para pengunjung bisa menyaksikan sunset sembari menikmati keindahan Sungai Batanghari. Di lokasi ini juga banyak pedagang yang menjajakan makanan ringan dan berat, dengan harga sangat terjangkau bagi masyarakat.

"Batanghari merupakan denyut nadi Jambi," ujar Didy. Sebagai denyut nadi Jambi, panorama Sungai Batanghari juga bisa dijadikan salah satu alternatif lokasi kunjungan wisata.

Banyak daya tarik yang ada di Sungai Batanghari ini. Salah satunya adalah aktivitas kapal ketek yang menjadi transportasi air masyarakat asli Jambi, yakni di Seberang Kota Jambi (Sekoja).

Didy menjelaskan, salah satu upaya mengajak wisatawan untuk berkunjung ke Sungai Batanghari adalah dengan adanya acara festival Sungai Batanghari.

Dalam festival ini, aktivitas Sungai Batanghari akan dipertunjukkan kepada wisatawan, yang juga akan diselingi dengan berbagai pertunjukan kesenian daerah.

Melihat ramainya pengunjung Festival Sungai Batanghari, Didy berencana akan menggelar pertunjukan kesenian dan hiburan di Tanggo Rajo ini.

Ia berencana akan membebaskan jalan Tanggo Rajo ini dari kendaraan bermotor, ketika akan menggelar acara.

Dalam acara itu, menurut Didy, para seniman akan menampilkan karya-karyanya. Sementara di akses jalan Tanggo Rajo ini akan dijadikan para klub sepeda BMX dan skateboard untuk beratraksi.

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera. Sungai ini adalah sungai yang hampir memotong pulau Sumatera menjadi dua bagian, jika dilihat mulai dari hulu hingga hilirnya.

Dengan panjang 3.322 km, sungai Batanghari memiliki panjang hampir 4 kali lipat lebih Sungai Musi.

Tak hanya itu saja, sungai ini juga memiliki sejarah yang sangat banyak dan merupakan salah satu simbol kejayaan Provinsi Jambi.

Sungai Batanghari memiliki hulu di Provinsi Sumatera Barat dan muaranya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Propinsi Jambi. (YJ/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010